Wamendes Jalin Kerjasama Diaspora Bantu Pemasaran Produk Desa

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa peran diaspora bagi kemajuan ekonomi pedesaan sangat penting.

Menurutnya, diaspora dapat berperan dalam memberikan sentuhan baik yang terkait dengan teknologi atau pengetahuan.

Dia menerangkan aspek teknologi, pengetahuan, terutama pemasaran diperlukan untuk membangun ekonomi pedesaan karena banyak produk unggulan di desa yang ternyata akses pemasarannya masih sangat terbatas”Diaspora atau peran serta seluruh warga Indonesia yang berada di luar negeri sangat penting bagi kemajuan ekonomi pedesaan,” kata Budi dalam diskusi ‘Peran Diaspora Indonesia dalam Mengembangkan Ekonomi Pedesaan’ yang berlangsung secara daring, Sabtu (25/7).

Menurutnya cukup banyak contoh desa yang menghasilkan produk yang bisa dibanggakan, namun mengalami kesulitan mendapatkan akses pemasaran.

Ia mengatakan keberpihakan masyarakat, khususnya diaspora, untuk mendorong bisa dipasarkan bagi seluruh warga dunia

“Kita paham banyak produk unggulan kita misalnya kopi, teh buah-buahan, dan lain-lain yang terus terang ini sangat membanggakan karena rasa kemasan dan cita rasa luar biasa [dan] bisa laku di pasaran dunia,” tuturnya.

“Karena itu, kami harap kerja sama seluruh pihak khususnya teman-teman diaspora untuk membantu pengembangan ekonomi pedesaan dari berbagai aspek yang dimiliki,” ucapnya.Dia menambahkan, kemajuan Indonesia hanya bisa diraih dengan kemajuan desa. Menurut Budi, Indonesia tidak mungkin menjadi negara yang maju jika masih banyak desa-desa yang tertinggal dan sangat tertinggal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here