Video ‘ROTASI’ Karya Remaja Malang Berjaya di The 5-Min Video Challenge di Singapura

Tim Rotasi yang tergabung dalam rumah produksi HisStory bisa dibilang terbentuk secara mendadak

Anak-anak muda Indonesia membuat bangga penduduk bumi pertiwi. Pada puncak perhelatan “The 5-Min Video Challenge” yang diselenggarakan oleh Singtel Group, di Singapura Senin, 21 November 2016, Indonesia berjaya karena video pendek berjudul “Rotasi” karya Destian Rendra dan Premy Bima K. berhasil keluar sebagai juara utama dan juara favorit.

Video berdurasi 5 menit yang lokasi syutingnya melibatkan kawasan Bromo dan beberapa kafe di Malang ini sebelumnya telah diseleksi oleh juri dari The 5-Min Video Challenge Telkomsel pada bulan Oktober lalu bersama dengan 600 video lainnya dari seluruh nusantara. Kemudian, pada bulan November video yang terpilih dikirimkan ke tingkat internasional yang melibatkan juri dan pakar film tingkat dunia.

Rendra sendiri mengaku waktu produksinya hanya dilakukan selama 10 hari mulai dari pematangan ide sampai penyelesaian final video. Cerita yang diangkat dari video “Rotasi” pun terbilang sangat sederhana. Video ini mengisahkan tentang seorang fotografer muda yang tengah dirundung masalah komunikasi antara rekan fotografi, kekasih, dan ibunya. Ia pun memilih pergi ke tempat yang hening untuk merenungkan bahwa dengan adanya masalah-masalah tersebut, hidup tetap berjalan. Bumi tetap berotasi.

Namun, pihaknya bersyukur akhirnya dapat menyelesaikan video ini dan bahkan mampu mengalahkan video-video lain dari 10 negara yang hadir dalam final ajang “The 5-Min Video Challenge” tersebut. Rendra sendiri sangat mengapresiasi adanya kompetisi ini karena melalui ajang ini film maker muda yang berasal dari daerah-daerah kecil bisa terwadahi.

“Dengan kompetisi ini kemarin memberikan kesempatan kepada seluruh anak-anak muda Indonesia apalagi di daerah kecil untuk membuktikan kalau kami ternyata juga tidak kalah,” kata Rendra dengan sangat antusias.

Mengambil tema “Connecting Lives”, kompetisi video berdurasi lima menit yang telah berlangsung di Indonesia pada 15 Agustus-31 September 2016 ini berhasil menjaring sebanyak lebih dari 600 video yang berasal dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa hingga pembuat film amatir dan profesional, dengan membawa berbagai genre, mulai dari komedi hingga drama.

Kompetisi ini merupakan kompetisi video pendek hasil kolaborasi para operator seluler yang tergabung dalam Singtel Group, yakni Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (Afrika), Globe (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here