Universitas Indonesia Raih Penghargaan IPTEK dari IDB

Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih prestasi sebagai institusi yang memiliki “Outstanding Scientific & Technological Contribution to Social & Economic Development ” dari Islamic Development Bank (IDB).

Penghargaan tersebut diberikan kepada lembaga-lembaga akademik maupun lembaga penelitian yang dianggap berkomitmen dalam penerapan teknologi untuk kesejahteraan sosial ekonomi negaranya.

Dilansir Ui.ac, Penyerahan penghargaan ini dilakukan pada ajang IDB Prizes for Science and Technology 15th Edition yang diselenggarakan pada Selasa (16/5/2017) di Hotel Hilton, Jeddah, Saudi Arabia.

Pada penyerahan penghargaan tersebut, UI diwakili oleh Rektor UI, Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M. Met. UI pada acara penghargaan tersebut mendapatkan hadiah sebesar 100.000 USD.

Dalam sambutannya, Anis menyatakan bahwa hadiah ini akan dipergunakan UI untuk meningkatkan inovasi dan kontribusi UI dalam membangun masyarakat.

Selain itu, hadir pula Dr. rer. nat. Abdul Haris (Dekan FMIPA), Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA (Dekan FT), dan Prof. Dr. Heri Hermansyah (Direktur Riset & Pengabdian Masyarakat).

IDB merupakan lembaga keuangan pembangunan multilateral yang memiliki misi utama pengentasan kemiskinan bagi negara-negara anggotanya.

Salah satu upaya IDB untuk mengentaskan kemiskinan tersebut adalah dengan mendorong inovasi atau kreasi dari individu atau lembaga penelitian di negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia.

Inovasi tersebut diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

IDB Prize adalah salah satu dukungan IDB bagi terwujudnya inovasi yang bermanfaat bagi pembangunan masyarakat.

IDB Prize terbagi dalam tiga kategori yaitu kontribusi wanita bagi pembangunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta ekonomi dan keuangan Islam.

IDB Prizes for Sciences and Technology telah diberikan IDB sejak tahun 2002 sebagai salah satu bentuk kepedulian IDB pada bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here