Uniknya Benteng 7 Lapis di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Benteng 7 lapis di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kabupaten Belu dan dekat Perbatasan Indonesia dengan Timor leste, adalah salah satu daerah tertinggal di Tanah Air. akan tetapi kabupaten ini memiliki objek wisata alam yang menawan, yakni Benteng 7 Lapis yang berdiri kokoh di puncak gunung perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Perjalanan menuju Benteng 7 lapis ini bisa dijangkau dari Kota Atambua sekitar dua hingga tiga jam ini. Dulunya, benteng Makes ini adalah tempat pertahanan para pejuang lokal saat berperang melawan penjajah Portugis. Kini, ben Makes digunakan warga sebagai tempat ritual untuk menghormati leluhur mereka

menyusuri lokasi 7 lapis, para pengunjung harus menempuh dengan kendaraan dengan rangka dobel gardan, saat menyusuri jalan setapak berbatu hingga tiba di padang rumput fulan fehan nan indah diimbuhi tanaman kaktus. Sejauh mata memandang, deretan pegunungan menjadi batas kedua negara.

seperti mutiara terpendam. Di puncak Bukit Makes masih berdiri tegak peninggalan Kerajaan Dirun yang biasa disebut Benteng 7 Lapis. Pepohonan rimbun memenuhi lokasi yang memiliki 7 pintu ini.

saat pengunjung menikmati benteng, di tengah terdapat sebuah lingkaran bebatuan yang tersusun rapi yang disebut-sebut sebagai tempat pertemuan raja-raja. Adapula meriam peninggalan Portugis, menhir dan makam raja-raja Dirun.

Keindahan alam di garis batas Indonesia dan Timor Leste ini sebenarnya bisa dikembangkan menjadi objek wisata yang baru dikenal. karena, akses jalan, akomodasi maupun informasi masih minim, sehingga objek wisata kurang dikenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here