Tutup Pertemuan IMF-World Bank , Christine Lagarde: Terima Kasih Atas Jerih Payah Indonesia

Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali telah usai pada hari ini. Acara yang sudah berlangsung selama sepekan atau 8-14 Oktober 2018 tersebut mendapatkan apresiasi dari Managing Director IMF Christine Lagarde dan President World Bank Jim Yong Kim.Pada agenda penutup, yakni media briefing bersama pers dari 189 negara, Lagarde dan Jim mengungkapkan apresiasinya kepada Indonesia. Menariknya, dalam kesempatan tersebut mereka memulai sambutan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

“Selamat sore. Terimakasih Indonesia atas semua jerih payah Anda!,” ucap Lagarde mengawali kata sambutannya di Nusa Dua, Bali, Minggu (14/10/2018).

Sontak seluruh peserta di ruangan melontarkan tawa dan tepuk tangan meriah usai mendengar Lagarde berusaha berbicara dengan bahasa Indonesia. Dia pun melanjutkan pernyataan apresiasinya dengan bahasa Inggris.

“I say Indonesia Yes! (Saya katakan Indonesia Yes!),” lanjutnya.

Lagarde menjelaskan, adalah perjalanan panjang untuk Indonesia pada akhirnya bisa menyelesaikan tugasnya sebagai tuan rumah. Dia pun mengucapkan secara khusus terimakasih kepada setiap panitia Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018.

“Terima kasih banyak. Anda telah bekerja dengan baik di bawah kepemimpinan Pak Luhut (Menko Bidang Kemaritiman sekaligus Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018), Sri Mulyani (Menteri Keuangan), dan Presiden Joko Widodo (Jokowi),” katanya.

Sementara itu, Jim mengungkapkan rasa belasungkawanya kepada masyarakat Indonesia atas bencana alam yang terjadi dengan menggunakan bahasa Indonesia.

“Selamat siang. Saya sampaikan belasungkawa yang mendalam atas kehilangan jiwa dan kerusakan di Sulawesi Tengah dan Lombok. Kami semua dari Grup Bank Dunia siap mendukung pemerintah dan rakyat Indonesia,” ujarnya mengawali sambutan yang diiringi tepuk tangan meriah.

Dia pun melanjutkan sambutan dengan berbahasa Inggris, mengapresiasi pidato ‘Games Of Thrones’ Presiden Jokowi yang mengingatkan untuk kebersamaan menangani permasalahan ekonomi global.

“Pekan ini Indonesia berikan kepada kita visi yang penuh isnpirasi untuk perbarui upaya yang sangat baik dengan militirisme. sehingga tidak ada satu orang miskin pun yang tertinggal. Atas nama Bank Dunia, saya sampaikan terimakasih, terimakasih, terimakasih!,” pungkasnya.

Gaya berbahasa Indonesia keduanya pun direspons Sri Mulyani. Dia menyatakan, untuk keduanya bisa berlama-lama di Indonesia sehingga semakin fasih berbahasa Indonesia,

“Anda bisa bayangkan, Anda baru sepekan di Indonesia sudah fasih bahasa. Kalau Anda sebulan saja di sini dan habiskan gaji anda akan lebih fasih bahasa,” ucap Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here