TNI AD Kembali Jadi Juara Lomba Tembak AASAM 2018

TNI AD berhasil menjadi juara umum untuk ke 11 kalinya di turnamen tembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM). Untuk AASAM 2018, TNI AD berhasil membawa pulang 36 medali emas.

Perhelatan AASAM 2018 digelar oleh Angkatan Darat Australia (Royal Australian Army) selama 18 hari mulai 23 April sampai 10 Mei 2018 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia. TNI AD kembali menorehkan prestasi gemilang di pentas internasional dengan menjadi juara umum pada lomba tembak bergengsi antar-Angkatan Darat dari 18 negara di wilayah Asia-Pasifik dan beberapa negara dari Benua Amerika dan Eropa itu.

“TNI AD kembali keluar sebagai juara umum lomba tembak AASAM tahun 2018 setelah meraih 36 medali emas, 18 perak, dan 13 perunggu di berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan,” ujar Kapen Kostrad Kolonel Inf Putra Widyawinaya dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (10/5/2018).

Pada AASAM 2018 ini, TNI AD menerjunkan 12 atlet tembaknya yang terdiri atas 5 prajurit Kostrad, 4 prajurit Kopassus, 2 orang dari Kodam XIV/Hasanuddin, dan 1 dari Kodam Jaya, dengan 4 ofisial. Tim dipimpin oleh Komandan Kontingen, Kolonel Inf Khabib Mahfud, yang kesehariannya menjabat Komandan Brigif Raider 13/1 Kostrad.

Lomba Tembak AASAM 2018, TNI AD Kembali Jadi JuaraTNI AD menang AASAM 2018. (Foto: dok. Pen Kostrad)

Negara-negara yang ikut berpartisipasi dalam lomba tembak internasional tahunan ini adalah Australia, Malaysia, Filipina, Jepang, Selandia Baru, Thailand, Amerika Serikat, Korea, Kanada, Singapura, Brunei Darussalam, Uni Emirat Arab, Inggris, Fiji, Tonga, Timor Leste, dan Kamboja. Materi yang dilombakan meliputi materi senapan dan pistol serta sniper.

“Rencana kedatangan tim kontingen TNI AD dari Australia ke Tanah Air dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 13 Mei 2018, pukul 13.00 WIB dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia,” sebut Putra.

Sementara itu Kapuspen TNI Mayjen Sabrar Fadhilah juga memberi apresiasi kepada kontingen TNI AD. Apalagi 7 peserta dari TNI AD dinobatkan sebagai peserta terbaik internasional.

“Sangat membanggakan karena prestasi nya lebih baik lagi. Selain perolehan emas, ada 7 petembak kita dinobatkan sebagai petembak terbaik international dan saat perebutan champions AASAM terjadi all Indonesian final yang dimenangkan oleh Letda Inf Herlansyah,” ucap Fadhilah terpisah.

Sebelumnya, dalam lomba AASAM 2017, TNI AD berhasil keluar sebagai juara umum. Itu merupakan kemenangan ke-10 kalinya bagi TNI AD. Pada AASAM 2017, TNI AD membawa pulang 28 medali emas, 6 perak, dan 5 perunggu dari berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here