Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat

Ingatan kita layaknya organ tubuh yang lain yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik, Ada berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat, sebagaimana juga atlet harus melatih tubuhnya untuk menghadapi masa-masa yang sulit. Daya ingat memerlukan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya meningkat dan menjaga daya ingat anda tetap dalam kondisi prima, dan juga teknik yang benar-benar dapat membantu anda memperbaiki kondisi dan kinerja daya ingat anda.

Tim Kabarrantau merangkum dari berbagai sumber beberapa metode alami untuk meningkatkan daya ingat atau memori:

1. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Otak

Kafein yang berasal dari teh hitam atau teh hijau dapat membantu merangsang memori.

Selain itu, penelitian menunjukkan bawa procyanidins yang terkandung dalam dark chocolate membantu daya ingat atau memori dengan meningkatkan sirkulasi otak ketika melawan inflamasi dan oksidasi.

Asam lemak omega-3, biji rami, kacang kedelai, minyak canola dan minyak kenari sangat penting untuk kesehatan otak.

Makanan yang bermanfaat untuk sistem saraf pusat adalah makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, dan minyak nabati.

Hindari lemak jenuh (saturated fat) dan lemak trans yang antara lain ditemukan dalam margarin. Untuk stamina mental, pilihlah karbohidrat kompleks seperti makanan yang terbuat dari gandum utuh dan beras merah.

2. Suplemen Alami

Diet yang sehat dan seimbang tentu saja sangat baik untuk kondisi otak. Namun, jika diet buruk, suplemen tambahan menjadi dibutuhkan.

Fungsi otak bergantung pada vitamin B12. Jadi, jika tidak mengonsumsi susu atau produk susu, daging, dan telur, Anda perlu suplemen tambahan.

Dua sendok teh minyak ikan cod setiap hari akan menyediakan cukup omega-3, vitamin A, dan vitamin D.

Produk alami lainnya yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan racun, dan meningkatkan sirkulasi darah adalah ginko biloba, ginseng, rosemary, kacang almond, teh hijau, dan air putih.

3. Latihan Fisik (Olahraga) dan Tidur

Berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit setiap hari membantu mengurangi pengeluaran hormon stres cortisol yang membunuh sel-sel otak.

Selain itu, olahraga cukup juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik akan membantu mengoptimalkan fungsi otak.

Latihan aerobik dapat pula meningkatkan suplai darah ke otak sehingga memasok lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk  meningkatkan fungsi otak.

4. Latihan Mental dan Neurobics

Tetaplah membuat mental aktif dengan mengerjakan teka-teki silang, sudoku, dan games atau permainan berpikir lainnya. Hal ini akan membantu mempertahankan kemampuan kognitif.

Neurobics melibatkan perubahan rutinitas atau melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk membuat jalur saraf (neural pathways) yang baru. Misalnya, menggunakan tangan kiri untuk menyikat gigi. Jika Anda kidal, lakukan dengan cara sebaliknya.

5. Relaksasi dan Bersosialisasi

Interaksi sosial dapat merangsang otak. Hubungan saling mendukung dalam keluarga akan menjaga tingkat stres tetap rendah sehingga mencegah produksi hormon cortisol yang berlebih.

6. Mnemonics

Mnemonics devices merupakan jenis petunjuk yang membantu Anda mengingat sesuatu. Salah satunya adalah dengan menghubungkan pencitraan visual dengan kata-kata atau frasa. Akronim dapat pula menjadi perangkat mnemonics.

Metode locus merupakan jenis perangkat mnemonic lain yang melibatkan pembuatan cerita, atau perjalanan imajiner yang berurutan, misalnya ketika menggabungkan daftar item tertentu.

Kumpulan fakta akan lebih mudah diingat jika dijadikan sebagai sebuah cerita.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat anda adalah:

1. Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
2. Brokoli dan kembang kol
3. Jus buah, buah
4. Berbagai macam berry, buah delima
5. Kacang-kacangan
6. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
7. Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here