Tim Ultima UGM Raih 1st Winner pada NewQuest Young Geothermal Explorationist Competition 2021

Tim Ultima Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik UGM, yang beranggotakan Alse Nabilah, Cecilia Jatu Praba Datu, dan M. Fahran Fauzan T. meraih 1st Winner pada Young Geothermal Explorationist Competition 2021 yang diselenggarakan oleh PT NewQuest Geotechnology.

Young Geothermal Explorationist Competition merupakan kompetisi yang ditujukan untuk para mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan umum dalam studi awal eksplorasi geothermal dan mempersiapkan peran mahasiswa ke depan dalam rencana bauran energi nasional yang akan bergeser pada sumber energi bersih.

Kompetisi ini terbagi menjadi tahap Pre-qualification Stage pada 2 Oktober 2021 dan Final Stage pada 9-10 Oktober 2021. Total peserta pada pre-qualification stage adalah 60 peserta dari 20 universitas di Indonesia yang meliputi Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Padjajaran, Universitas Pertamina (UP), UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Jendral Soedirman, dan Institut Teknologi Sumatera.

Cecilia memaparkan bahwa karya yang dihasilkan Tim Ultima UGM adalah konseptual model sistem panas bumi lapangan X yang dihasilkan dari integrasi data-data 3G (Geologi, geokimia, dan geofisika). Konseptual model tersebut menurutnya digunakan sebagai dasar penentuan rekomendasi pengembangan panas bumi berupa rancangan sumur panas bumi, lokasi, jumlah dan jenis sumur yang digunakan.

Dalam proses kompetisi, Cecilia dkk. menghadapi beberapa tantangan seperti kondisi geologi dan kondisi sistem panas bumi lapangan X yang rumit di luar ekspektasi tim. Lalu, teknis perlombaan membuat setiap tim hanya diberikan waktu enam jam untuk analisis dan pembuatan presentasi.

“Di dalam perlombaan ini setiap tim tidak diperbolehkan menggunakan segala jenis sumber acuan, seperti buku atau paper. Hal ini bertujuan agar seluruh peserta mengerahkan kemampuannya masing masing. Oleh karena itu, setiap tim dituntut untuk mempersiapkan diri sebaik baiknya sebelum perlombaan,” ujar Cecilia, Kamis (4/11).

Cecilia menyampaikan ia dan tim sangat senang bisa mengikuti kompetisi NewQuest Young Geothermal Explorationist karena bisa bertemu teman-teman lain dari berbagai universitas di Indonesia yang memiliki minat sama di bidang eksplorasi panas bumi dan juga sangat senang karena bisa mendapat banyak masukan dari para ahli di bidang panas bumi.

“Kami berharap ilmu-ilmu yang kami peroleh ketika mempersiapkan perlombaan ini  maupun ilmu yang diperoleh dari para dewan juri kedepan bisa kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk mempercepat penggunaan energi panas bumi di masa yang akan datang,” tuturnya dikutip dalam laman UGM.