Tim SMP Mugadeta Raih Juara Lomba Roket Air Tingkat Nasional

Tim SMP Mugadeta Raih Juara Lomba Roket Air Nasional

Tim sekolah tingkat SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (Mugadeta) berhasil mengukir prestasi nasional di bidang roket air. Dua tim roket sekolah ini merhasil menjadi juara 1 dan juara 4 pada ajang lomba Roket Air Aerocreation Institut Teknologi Bandung (ITB), pada 2 Januari 2017. Ajang ini memoertemukan tim roket air dari 26 sekolah tingkat SMP di Indonesia.

“Kami baru saja menjadi juara lomba Roket Air Aerocreation ITB. Tim MAC-212 berhasil menjadi juara 1, sedangkan Tim MAC-411 meraih juara 4,” ujar Waka Kesiswaan SMP Mugadeta, Ary Gunawan, Kamis (26/1).

Tim MAC – 212 peraih juara 1 terdiri dari Muhammad Iqbal, Muhammad Azmi, dan Resky Dwi. Sedangkan Tim MAC – 411 yang meraih juara 4 terdiri dari Galih Sandy, Ifan Nandana, dan M. Yuka Akbar.

Ary menambahkan, meski hanya meraih juara satu dan empat, pihaknya sudah cukup puas dengan hasil ini. Menurut Ary, hasil ini sudah cukup baik mengingat tahun ini adalah tahun pertama keikutsertaan SMP Mugadeta pada kompetisi nasional ini. Namun, Ary mengaku akan terus berupaya agar timnya meraih juara pertama pada kompetisi roket air nasional.

Ditambahkan, tak butuh waktu lama bagi tim sekolah ini untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba. Sekolah ini memang telah memiliki tim roket air yang selalu rutin mendapat pembinaan. Mengikuti kompetisi adalah salah satu upaya mengasah kemampuan siswa – siswanya dalam bidang roket air.

“Persiapan hanya empat hari karena kami telah memiliki tim roket air yang selalu siap mengikuti kompetisi,” imbuh Ary.

Perolehan sistem penilaian lomba roket air tingkat SMP menggunakan sistem penilaian jarak terdejat dengan titik sasaran. Artinya, roket yang jarak jatuhnya paling dekat dengan titik sasaran akan menjadi pemenang.

Setelah meraih hasil positif di Bandung, tim sekolah ini tengah membidik juara pada ajang lomba roket air di beberapa daerah hingga tingkat internasional pada tahun ini. Langkah ini menurut Ary dilakukan dengan misi mengukuhkan diri sebagai sekolah juara roket air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here