Tim Robotika UMM Juarai Kontes Robot Internasional di Amerika Serikat

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Tim Robotik sukses raih juara di “Triniti College Fire FIghting Home Robot Contest” di Trinity College Hartford, Amerika Serikat.Pada ajang yang dihelat 13-15 April 2019 ini, mereka memenangkan dua kategori, yaitu Robot Berkaki (juara 1 dan 2) dan Robot beroda (juara 2).

“Kami sangat bangga dengan prestasi mahasiswa ini yang berhasil menjuarai kejuaraan dunia. Kami akan memberikan mereka penghargaan,” ujar Didin Wahidin, selaku Direktur Kemahasiswaan, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti yang dikutip dari Antara.

Anggota Tim Robotika UMM itu yakni lfan Achmadillah Fauzi sebagai perancang pemograman, Rohmansyah sebagai perakit perangkat keras, serta Ken Dedes Maria Khunty yang mengurusi bagian mekanik.Fauzi mengatakan, kunci keberhasilan mereka adalah koordinasi. “Koordinasi itu harus, terutama dari mas Rohman dan Mbak Ken di awal-awal itu harus sesuai dengan keputusan riset masing-masing,” ujar Fauzi yang dikutip dari Times Indonesia.

Keunggulan pertama mereka adalah soal dimensi robot yang cukup kecil sehingga manuver di setiap ruangan dan rintangan dapat lebih akurat. Keunggulan kedua adalah soal robot berkaki yang memiliki tantangan kesulitan tersendiri dalam pergerakannya.

Sebelum ke Amerika, mereka pernah menjuarai Kontes Robot Indonesia (KRI) yang dihelat oleh Direktorat Kemahasiswaan, Belmawa pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia.

Tujuan pengiriman Tim robotika pada kompetisi Internasional tersebut untuk memberikan kesempatan bagi anak bangsa yang memiliki potensi untuk mengasah kemampuannya dan mencapai prestasi dalam tingkat internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here