Tim Mahasiswa UMM Raih Juara di Ajang Desain Bangunan Jembatan Tingkat Asia Tenggara

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) raih Most Popular Design pada ajang Nanyang Technological University (NTU) Bridge Design Competition 2019 di Singapura.Mereka tergabung dalam Tim Jembatan ST Langgeng Jaya.

Selain itu, mereka yang beranggotakan Vicky Adjie Saputra dan Novan Surya Adityawan meraih 10 besar.

Sumber : BontangPost

“Selama ini kita sudah mengikuti dan menjuarai berbagai ajang rancang jembatan di tingkat nasional. Sekarang saatnya kita belajar keluar untuk menancapkan bendera UMM di ajang internasional,” ujar Erwin Rommel, pembimbing Tim ST Langgeng Jaya yang merupakan dosen Teknik Sipil UMM yang dikutip dari bontangpost.

Kriteria pengujiannya adalah dari sisi efisiensi dan kekuatan yang mengacu pada tema kompetisi yakni Strength, Economic, Sustainability.

Beliau juga memaparkan, pihak panitia memberitahukan apa yang harus dibuat, dan beberapa jam sebelum pertandingan. Lalu dinilai dari sisi penggunaan bahan seefisien mungkin, serta mampu menahan beban uji seberat mungkin, sampai pada titik hancurnya.

Sumber : BontangPost

Sekitar 38 tim yang ikut berlomba pada ajang yang diikuti oleh berbagai Universitas di Asia Tenggara. Termasuk Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan berbagai kampus yang sering menjuarai ajang kompetisi nasional.

“Sebelum ajang ini dimulai ada beberapa persiapan dan kesiapan yang telah kita lakukan beberapa minggu sebelumnya. Di antaranya dengan menguji coba beberapa jenis desain jembatan, lalu kita evaluasi dan perbaiki sehingga kita mampu menemukan desain yang pas ,” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here