Tiga Dosen FTUI Masuk Daftar Top 2% Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia

Stanford University dan Elsevier BV kembali merilis daftar nama Ilmuwan Paling Berpengaruh di dunia. ​​Pemeringkatan yang bertajuk Top 2% World Ranking Scientists merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun.

Pada 20 Oktober 2021, Stanford University dan Elsevier BV kembali merilis Top 2% World Ranking Scientists untuk tahun 2021. Sebanyak 58 ilmuwan Indonesia yang berasal dari berbagai lembaga riset dan perguruan tinggi masuk dalam daftar World’s Top 2% Scientists 2021 from ASEAN Countries. Pemilihan 58 ilmuwan tersebut didasarkan pada nama yang paling dikutip dalam jurnal-jurnal ilmiah di dunia. Nama-nama tersebut berada pada posisi 100.000 teratas berdasarkan skor-c (dengan dan tanpa self-citation) atau peringkat persentil 2 persen atau lebih (sumber: http://doi.org/10.17632/btchxktzyw.3).

Tujuh dari 58 ilmuwan yang masuk dalam World’s Top 2% Scientists 2021 from ASEAN Countries merupakan dosen dari Universitas Indonesia. Mereka adalah (sesuai urutan peringkat):

  1. Dr.-Ing. Nandy Putra (Departemen Teknik Mesin FTUI)
  2. Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc., Ph.D. (Departemen Teknik Sipil FTUI)
  3. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
  4. Dr. rer. nat. Rosari Saleh (Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam UI)
  5. dr. Jeanne Adiwinata Pawitan, MS., Ph.D (Fakultas Kedokteran UI)
  6. Ir. Irwan Katili, DEA (Departemen Teknik Sipil FTUI)
  7. Dipo Aldila S. Si., M.Si (Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam UI)

Masuknya dosen-dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia ke dalam Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia menjadi suatu kehormatan dan kebanggan bagi FTUI, UI, dan Indonesia. Hal ini menunjukkan kebermanfaatan dari penelitian yang dihasilkan sivitas akademika FTUI. Selain itu, penghargaan ini menjadi pengingat dan semangat bagi sivitas akademika FTUI untuk terus mengembangkan riset-riset yang membawa dampak dan perubahan di kancah nasional maupun internasional.