Terumbu Karang Terindah di Dunia, Paling banyak di Indonesia

Bagi anda penikmat pantai dan alamnya, pantai salah satunya identik dengan terumbu karang. Ya, terumbu karang adalah rumah bagi ikan.
 

Fakta terumbu karang IndonesiaMenurut Greenpeace, luas terumbu karang Indonesia mencapai 50.875 km2. Jumlah ini 18% dari luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle (kawasan Pusat Segitiga Terumbu Karang). Sebagian besar terumbu karang ini berlokasi di bagian timur Indonesia.

Banyaknya jenis ikan di sekitarnya membuat terumbu karang menjadi pemandangan indah ketika ada aktivitas diving atau snorkeling. Di dunia ini setidaknya ada 10 lokasi yang memiliki terumbu karang indah.

BORACAY, Filipina

Terletak 315 km (200 mil) selatan Manila, Boracay adalah sebuah pulau tropis dengan pantai berpasir putih. Hampir dua lusin tempat penyelaman terletak di ujung utara dan selatan Boracay. Bangkai Camia misalnya adalah terumbu karang buatan yang menawarkan visibilitas tinggi dan sejumlah besar ikan.“The two walls of Yapak” adalah tempat menyelam paling menarik di sekitar pulau.

RAJA AMPAT, Indonesia

Kepulauan Raja Ampat merupakan destinasi wisata di wilayah Papua. Kepulauan ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena pesona keelokan alamnya. Salah satu bentuk kepopuleran objek wisata Raja Ampat adalah dengan adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang berjudul ” Edis Paradise 3 “, dimana dalam film tersebut menceritakan keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang dijuluki sebagi kawasan Amazon Lautan Dunia.

MAHE, Seychelles

Berada di Samudera Hindia, Mahe merupakan pulau terbesar di Kepulauan Seychelles. Rumah bagi beberapa taman laut, Mahe menawarkan kesempatan menyelam dengan kura-kura penyu sisik, lumba-lumba botol, hiu paus, lobster, dan belut Moray. Taman Nasional Laut Ste Anne, terletak 5 km dari Ibu Kota Victoria, merupakan salah satu lokasi wisata utama di Samudra Hindia untuk menyelam.

BONAIRE, Belanda Karibia

Bonaire merupakan pulau bagian dari Belanda Karibia, badan publik Belanda. Pulau yang letaknya di Laut Karibia ini sebelumnya merupakan bagian dari Antillen Belanda, sebelum pembubarannya pada 10 Oktober 2010. PBB telah menetapkan Bonaire sebagai taman laut dunia dan dianggap sebagai salah satu lokasi paling baik untuk diving di Karibia. Visibilitasnya sangat baik, dan bahkan air laut di Bonaire ini disebut-sebut sebagai air paling jernih di dunia.

RAJA ANDROS, Bahama

Pulau Andros adalah pulau terbesar di Bahama di Kawasan Karibia. Orang orang yang tinggal di pulau ini membuat sebuah penghalang karang terbesar ke-3 di dunia. Panjang penghalang karang ini lebih dari 230 Kilometer, keindahannya pun tidak diragukan lagi. Tempat ini cocok bagi pemula untuk scuba diving.

PULAU LITTLE CAYMAN, Kepulauan Cayman

Little Cayman di kawasan Karibia merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki spot menyelam terbaik di dunia seperti Bloody Bay dan Jackson Point. Memiliki total sekitar 50 tempat menyelam unik, penyelam di Little Cayman bisa memiliki pengalaman unik yang sulit ditemukan di tempat lain. Pulau ini menawarkan bulu-bulu laut, taman karang, dan berbagai jenis ikan tropis.

TAVEUNI, Fiji

Taveuni adalah pulau terbesar ketiga di Fiji. Pulau ini sering disebut “Pulau Garden” karena bunga dan tanamannya yang melimpah tapi namanya juga bisa diterapkan pada pemandangan menakjubkan dan berwarna-warni di bawah perairannya. Taveuni adalah rumah bagi Rainbow Reef yang luar biasa, terkenal sebagai salah satu lokasi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia.

PULAU COZUMEL, Meksiko

Terletak di lepas Semenanjung Yucatan, Meksiko, Cozumel adalah tujuan populer untuk scuba diving dan snorkeling. Dunia bawah laut di sekitar Cozumel ditemukan oleh Jacques Cousteau pada 1959 yang menyebutnya sebagai salah satu kawasan selam terbaik di dunia. Sejak saat itu Cozumel telah menjadi National Marine Park untuk melindungi keseimbangan indah terumbu karang.

KOH TAO, Thailand

Koh Tao adalah sebuah pulau kecil di dekat pantai timur Teluk Thailand. Sekitar 7000 penyelam baru mendapatkan sertifikasi di Koh Tao setiap tahunnya menjadikannya salah satu tempat paling populer di dunia untuk belajar menyelam. Pulau berpasir putih ini dikelilingi oleh bukit terjal, beberapa di antaranya hanya dapat diakses dengan kendaraan four-wheel drive. Musim panasnya yang panjang selama 300 hari mengundang wisatawan untuk bersantai sepanjang sore.

PULAU ROATAN, Honduras

Roatan adalah salah satu Kepulauan Honduras Bay di Laut Karibia. Roatan sangat tepat untuk penggemar olahraga air dan wisata alam. Penggemar wisata darat akan menikmati Kebun Raya Carambola, tur di Stone Castle Cameo Factory, atau menyusuri pantai dengan menunggang kuda.

Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Pulau Bunaken dapat ditempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan Kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Taman Laut Wakatobi, merupakan nama kawasan taman laut nasional yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman Laut Wakatobi memiliki luas 1,39 juta hektare (ha). Disamping sebagai pusat terumbu karang dunia, Taman Laut Nasional Wakatobi juga merupakan objek wisata bahari bagi para petualang alam bawah laut.

Taman Nasional Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu tersusun oleh ekosistem pulau-pulau sangat kecil dan perairan laut dangkal. Taman ini terdiri dari gugus kepulauan dengan 78 pulau sangat kecil, 86 gosong pulau dan hamparan laut dangkal pasir karang pulau sekitar 2.136 hektare (reef flat 1.994 ha, laguna 119 ha, selat 18 ha dan teluk 5 ha), terumbu karang tipe fringing reef, dan mangrove.

Taman Laut Banda (Maluku)

Taman Laut Banda terletak di antara gugusan Pulau NeiraP pulau Gunung Api, Pulau Sjahrir dan Pulau Hatta di Kabupaten Maluku Tengah. Gugusan Pulau Neira merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Kajian Ekologis di Kepulauan Banda, menunjukkan bahwa terumbu karang di Banda memiliki keragaman hayati luar biasa, dengan adanya 310 jenis karang pembentuk terumbu, dan sekitar 871 spesies ikan.

Taman Laut Selat Pantar (NTT)

Terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, keindahan Taman Laut Selat Pantar mampu menarik perhatian para diver dari mancanegara. Taman Laut Selat Pantar meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. Taman Laut Selat Pantar memiliki 26 titik penyelaman (dive spot). Dive spot yang paling menarik pengunjung adalah Shark Close yang merupakan tempat berkumpulnya ikan hiu.

Indonesia memiliki kekayaan jenis karang paling tinggi yaitu 569 jenis dari 82 marga dan 15 suku dari total 845 jenis karang di dunia. Penelitian LIPI 2017 menyebutkan, sekitar 6,39% terumbu karang dalam kondisi sangat baik, baik (23,40%), cukup (35,06%) dan kondisi jelek (35,15%).

Indonesia segitiga terumbu karang

1.Segitiga terumbu karang atau disebut juga “Coral Triangle” merupakan wilayah perairan di daerah tropis dengan luas 5,7 km2 meliputi 6 negara yakni Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste.

2.Beberapa kepulauan Indonesia juga memiliki jenis karang cukup tinggi yakni Kepulauan Derawan (444 jenis karang), Pulau Banda (330 jenis), Nusa Penida, Komodo, Bunaken, Wakatobi dan Teluk Cendrawasih.

3.Taman Laut Selat Pantar (NTT) Terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, keindahan Taman Laut Selat Pantar mampu menarik perhatian para diver dari mancanegara. Taman Laut Selat Pantar meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. Taman Laut Selat Pantar memiliki 26 titik penyelaman (dive spot). Dive spot yang paling menarik pengunjung adalah Shark Close yang merupakan tempat berkumpulnya ikan hiu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here