Tema Perayaan Hari Air Sedunia 2018 Hari Ini

Air sebagai kunci kehidupan, maka tidak mengherankan jika ada hari khusus untuk mengapresiasi betapa pentingnya keberadaan air bersih di Dunia ini.

World Water Day atau Hari Air Sedunia merupakan perayaan tahunan dan sekaligus menarik perhatian masyarakat global mengenai pentingnya air bagi kehidupan dan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret.

Mengutip dari laman worldwaterday.org, peringatan ini pertama kali diumumkan pada sidang umum PBB ke-47 pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Hari Air Sedunia mulai diperingati pada tahun 1993 guna memotivasi publik agar memberikan dukungan dalam konservasi air dengan mengurangi membuang-buang penggunaan keran air sepanjang hari.

Pada perayaan ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan kesadaran ke publik mengenai fakta tentang masalah yang berbasis air.

Seperti fakta bahwa satu dari sembilan orang (2,1 miliar penduduk dunia) masih belum memiliki akses air bersih yang merupakan hak asasi manusia.

Setiap tahunnya pada peringatan Hari Air Sedunia ini mengusung tema-tema khusus.

Pada peringatan Hari Air Sedunia 2018 bertema “Nature From Water” atau “Solusi Air Berbasis Alam”.

Melalui tema tahun ini, kita diajak untuk berpikir tentang bagaimana ‘solusi berbasis alam untuk mengatasi tantangan air yang kita hadapi hari ini di abad ke-21.

Sederhananya adalah kita diminta untuk menumbuhkan pohon agar hutan kembali hijau, menciptakan sungai dan ladang yang kaya dengan tanah subur dan memulihkan elemen alam lainnya dari lingkungan yang telah rusak, dengan cara membantu dalam memurnikan air kembali.

Dalam pernyataan dari PBB berbunyi, “Kerusakan ekosistem mempengaruhi kuantitas dan kualitas air yang tersedia untuk konsumsi manusia”.

“Hingga hari ini ada 2,1 miliar orang yang hidup tanpa air minum yang bersih dan aman di rumah mereka, yang mana mempengaruhi kesehatan, pendidikan dan mata pencaharian mereka.

“Tujuan pembangunan berkelanjutan ini memiliki 6 komitmen dunia untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke air bersih pada tahun 2030, dan termasuk target untuk melindungi lingkungan alam dan mengurangi polusi,” tulis pernyataan dari PBB.

Maka dari itu, guna berpartisipasi dalam kepedulian akan air bersih, Anda dapat memulainya dengan diri sendiri.

Seperti melakukan hal-hal sederhana seperti menggunakan air secukupnya saat mandi, tidak berendam di bathtub, jangan membuang sampah sembarangan ataupun jangan berlebihan meminum air dikemasan botol plastik serta tidak membuang sampah sembarangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here