Teliti Pokemon Go Berhasil Membawa Mahasiswa IPB Ini Berprestasi

Berkat Inovasi meneliti Pokemon Go ala Muhammad Murtadha Ramadhan ini telah mengantarkan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut menjadi Juara I Mahasiswa Berprestasi (Mapres). Ado, sapaan akrabnya, saat seleksi membawakan rancangan aplikasi ensiklopedia lingkungan mobile untuk meningkatkan kepedulian lingkungan pada anak-anak dengan teknologi Augemented Reality.

Menurut Ado, tingkat kepedulian masyarakat kini rendah terhadap lingkungan, perlu inovasi dengan permainan,“Aplikasi ini mirip permainan Pokemon Go. Saya mengangkat isu lingkungan karena kepedulian masyarakat Indonesia yang masih rendah. Lalu saya hubungkan juga dengan ciri khas Indonesia yaitu biodiversitas flora,” tutur pria kelahiran Jakarta 19 tahun silam ini.

Selain berkat inovasinya tersebut, Ado juga mengantongi banyak prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Diantaranya menjadi delegasi resmi IPB untuk Munster University International Model UN 2015, menjadi representasi Iran di komite SPECPOL  (Munster, Jerman), Best Position Paper di Indonesia Model United Nations 2015, menjadi representasi Thailand di komite Special Summit on Technology (Depok, Indonesia), dan masih sederet prestasi lainnya.

Karena pekerjaan orangtua, saat Sekolah Menengah Atas (SMA), Ado sempat tiga kali pindah sekolah, yakni dari SMA Pomosda (Pondok Modern) Nganjuk, Jawa Timur; tahun kedua di SMA Muhammadiyah 1 Bandung; tahun ketiga hingga lulus di SMA Budi Mulia Ciledug, Tangerang. Kondisi ini sempat sedikit mengganggu prestasinya apalagi semasa SMA inilah ibunda Ado meninggal dunia.

“Saya selalu mendorong diri saya untuk beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan. Di masa down tersebut, saya harus tetap bersemangat untuk belajar dan melanjutkan studi saya untuk tetap membuat orangtua saya tersenyum akan prestasi saya,” tukas Ado.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here