Teliti Olahan Permen Dari Ekstrak Kulit Jeruk , Mahasiswa Unpad Raih Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Lomba Karya Tulis Ilmiah V Nasional yang digelar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, Padang, 11-14 Februari 2017 lalu. berhasil di raih tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran meraih Juara I  Mereka adalah Faysa Utba, Herlina, dan Widia Dwi Lestari yang menjuarai lomba tersebut dengan karya tulis ilmiah berjudul “Permen Rendah Kalori dengan Ekstrak Kulit Jeruk sebagai Pencegah Flu”.

“Karena kulit jeruk kan limbahnya banyak, padahal kandungan vitamin C sama flavonoid banyak. Kandungan-kandungan itu tuh bisa untuk mencegah flu. Jadi kami buat permen rendah kalori dari ekstrak kulit jeruk sebagai pencegah flu,” jelas Faysa saat ditemui Humas Unpad, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Senin (20/02).

Jenis jeruk yang dimanfaatkan dalam karya ilmiah ini adalah Jeruk Manis. Dibuat menjadi permen, karena diyakini permen merupakan cara yang menyengangkan untuk mengobati atau mencegah suatu penyakit. Dibanding vaksin, permen dinilai lebih mudah diproduksi, bahan-bahannya mudah tersedia, dan dapat dijual dengan harga yang lebih murah.

Jika kebanyakan permen kaya akan gula, yang dapat menimbulkan efek samping berbahaya seperti karies gigi dan obesitas, Faysa dan tim pun menggagas permen rendah kalori. “Kita bikin rendah kalori supaya ketika orang makan permen ini, dia sehat tetapi juga tidak menyebabkan penyakit-penyakit lain,”ungkap Faysa.

Tema yang diangkat dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah V Nasional ini adalah “Pemuda Indonesia Kreatif dan Inovatif sebagai Akselerator Pencapaian SDG’s 2030”.  Karya tulis ilmiah yang dibuat oleh Faysa dan tim, diharapkan dapat mendorong tercapainya salah satu tujuan SDG’s, yaitu Good Health & Well-being.

Menurut Faysa dan tim, hingga saat ini belum ada upaya pencegahan flu yang optimal, juga murah. Banyak orang yang menganggap flu merupakan penyakit biasa. Padahal, flu yang dianggap sepele dapat menyebabkan kematian.

“Flu itu merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Dari flu bisa memicu penyakit lain, bahkan sampai kematian,” jelas Herlina.

Meski mulanya tidak menyangka dapat meraih juara, mereka pun mengaku bangga bahwa akhirnya dapat meraih prestasi tersebut. Prestasi yang mereka raih diharapkan dapat semakin membawa nama harum Unpad, khususnya Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here