Tari Bali dan Angklung Meriahkan Pameran Budaya “Kulturschrank”

Tari Bali dan Angklung yang dibawakan Masyarakat Indonesia diwakili oleh Lembaga Persahabatan Indonesia – Jerman Niedersachsen (Deutsche Indonesische Gesellschaft-DIG Niedersachsen e.V.) dengan dukungan KJRI Hamburg telah berpartisipasi pada acara “Kulturschrank”(Lemari Budaya) yang diselengarakan di Haus der Kulturen, Braunschweig, Niedersachsen pada malam hari. Acara ini memadukan pertunjukan seni budaya, pameran, dan kuliner dari dua negara yang ditampilkan, yaitu Indonesia dan Polandia. Sekitar 120 orang pengunjung dari Braunschweig dan sekitarnya menghadiri acara tersebut.(6/1)

Acara diawali dengan tarian Panyembrama yang ditampilkan oleh anggota masyarakat Indonesia di Braunschweig dan kemudian dilanjutkan dengan pameran alat musik tradisional angklung yang dilaksanakan dengan partisipasi penonton. Penyelenggara membagikan alat-alat angklung dan kemudian memandu penonton memainkan beberapa lagu dengan instrumen tersebut, yang disambut sangat meriah oleh pengunjung.

Di sela-sela pertunjukan, pengunjung diundang melihat lemari-lemari budaya yang ditampilkan di mana pengunjung dapat melihat slideshow foto-foto Indonesia serta mengambil berbagai brosur wisata berbagai daerah yang disediakan oleh KJRI Hamburg. Selain itu, kuliner berupa kue-kue kecil yang disiapkan oleh masyarakat Indonesia dan KJRI Hamburg juga disajikan kepada para pengunjung.

Selain pertunjukan seni budaya dan pameran, rangkaian acara “Kulturschrank” juga mencakup penyelenggaraan berbagai lokakarya yang bertujuan memperkenalkan masyarakat Jerman pada budaya tiap negara secara lebih interaktif. Terkait hal tersebut, Indonesia akan menyelenggarakan dua lokakarya  yaitu lokakarya tari Bali pada tanggal 11 Januari dan lokakarya memasak masakan Indonesia pada tanggal 12 Januari. Partisipasi Indonesia pada “Kulturschrank” akan berlangsung pada tanggal 9 – 26 Januari bersama Polandia dan dilanjutkan tanggal 6 – 23 Februari bersama Suriah.

Acara “Kulturschrank” bertujuan memperkenalkan budaya dari berbagai negara kepada masyarakat Jerman sebagaimana diwakili dan ditampilkan oleh komunitas negara-negara tersebut di Braunschweig dan dimulai sejak tanggal 31 Oktober 2017 dengan menampilkan budaya Iran dan Meksiko. Negara-negara lain yang berpartisipasi adalah Italia, Korea Selatan, Inggris, Turki, Perancis, Haiti, serta Jerman. Acara akan berlangsung sampai tanggal 4 Mei 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here