Surga Tersembunyi Kepulauan Togean dari Sulawesi

Sulawesi memang dikenal dengan keindahan pantai-pantai yang alami dan surga terumbu karang yang menakjubkan, salah satu yang paling indah di Sulawesi adalah Kepulawan Togean yang berada di Sulawesi Tengah.

Kepulauan Togean merupakan bagian wilayah dari Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean sendiri adalah sebuah taman nasional dengan 2 area ekosistem berupa lautan seluas 292.000 hektar dan datarannya 70.000 hektar. Lokasinya yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan justru menjadi daya tarik tersendiri.

Togean adalan sebuah Taman Nasional yang terletak di Teluk Tomini, Sulteng. Togean terdiri dari pulau-pulau kecil berjumlah 60 pulau yang memiliki keindahan pantai juga terumbu karang tiada duanya.

Karena itulah, Togean sisebut-sebut sebagai surga tersembunyi dari Sulawesi Tengah. Saking kaya dan indahnya alam bawah laut di Togean, tempat ini termasuk dalam bagian penting dari segitiga terumbu karang dunia, yaitu Sulawesi, Filipina dan Papua Nugini, sehingga kawasan ini pun biasa disebut oleh para ahlinya sebagai “The Heart of The Coral Tringle”.

Di Kepulauan Togean, para penelusur dapat melakukan berbagai kegiatan wisata, diantaranya seperti memancing, diving, snorkeling, berenang, berlayar, atau berjemur di atas pasir putih yang terhampar di hampir seluruh pantai.

Jadi buat kamu yang mau libuarn super indha dan menyenangkan tidak ada salahnya untuk mengunjungi kepulauan Togean. Untuk sampai ke tempat ini ada dua cara, yang pertama dari Gorontaro dan pilihan ke dua dari Plau.

Drai Gorontalo artinya kamu mendarat di Bandara Jalaludin Gorontaro, setelah itu kamu bisa menuju ke Pelabuhan Gorontalo menggunakna mobil rental. Dari pelabuhan kamu lanjutkan perjalanan ke Wakai, Togean menggunakan kapal feri dengan jarak tempuh sekitar 12 jam.

Jika dari Palu, dari Bandara Mutiara SIS Aljufuri Palu kamu bisa menumpang bus atau travel dari Poso menuju Ampana. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan kapal Puspita Sari menuju Wakai dengan jarak tempuh 4-5 jam.

Beberapa kilometer ke arah pedalaman terdapat air terjun.
Pulau Kadidiri merupakan pulau paling populer , pantai yang sangat indah dengan lokasi snorkeling dan menyelam sempurna. tersedia banyak penginapan murah dan di sebelah barat pantai terdapat deretan batu karang terjal yang menjadi habitat kepiting karang. Kawasan pemukiman utama di Pulau Togean adalah Desa Katupat , karena di sekitar pulau terdapat kawasan pantai yang lebih indah dan sangat bagus untuk trekking.
Anda tertarik untuk liburan dan telusuri wisata Kepulauan Togean dengan keindahan pemandangan alamnya yang sangat luar biasa? silahkan datang dan nikmati wisata pedalaman Sulawesi yang msh alami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here