Suasana Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Kembang api meledak di atas Sydney Opera House sebagai pusat perayaan Tahun Baru terbesar di Sydney, Australia, 1 Januari 2016. Lebih dari tujuh ton kembang api digunakan dalam perayaan tersebut. REUTERS

Terdapat banyak tradisi masyarakat dunia dalam merayakan pergantian tahun, di beberapa negara memiliki keunikan tersendiri. Di Auckland Sky Tower, Selandia Baru, misalnya, ada sekitar 25 ribu orang datang untuk menghitung mundur detik-detik pergantian tahun dengan pesta kembang api dan pertunjukan sinar laser.

Selandia Baru memasuki tahun baru sekitar pukul 18.00 WIB, tepat satu jam setelah Samoa dan Kiribati, yang menjadi negara pertama menyambut tahun baru 2017.

Sedangkan di Australia, masyarakat berkumpul di pelabuhan Sydney untuk menyambut datangnya tahun 2017. Diperkirakan 1 juta orang ikut berpesta pergantian tahun dengan pesta kembang api. Australia memasuki tahun baru 2017 sekitar pukul 20.00 WIB.

Di Mesir, perayaan tahun baru dipusatkan di sebuah piramida yang berada dekat Kairo. Ini merupakan salah satu usaha pemerintah Mesir menghidupkan kembali industri pariwisatanya.

Sedangkan di Uni Emirat Arab, 400 ribu lampu LED dan 1.6 ton kembang api digunakan untuk menyambut tahun baru di Kota Dubai, tepatnya di Burj Khalifa, yang merupakan gedung tertinggi di dunia saat ini.

Di Berlin, Jerman, sekitar 1 juta orang diperkirakan akan datang untuk melakukan hitung mundur menuju tahun 2017 di gerbang Brandenburg. Meski saat ini ada kekhawatiran mengenai keamanan di seluruh Benua Biru, banyak acara masih tetap dilaksanakan meski dengan penjagaan keamanan yang tinggi.

Di ibu kota Spanyol, Madrid, perayaan akan dipusatkan di Puerta del Sol Square, wilayah yang hanya mengizinkan sekitar 25 ribu orang masuk ke sana. Sedangkan di ibu kota Inggris, London, 100 ribu orang diperkirakan menyaksikan pesta kembang api pergantian tahun.

Di Afrika, negara Sierra Leone kembali mengadakan perayaan tahun baru setelah virus ebola dinyatakan tidak ada di negara itu. Sebelumnya, Ibu Kota Freetown ditinggalkan karena wabah tersebut.

Negeri Paman Sam tak ketinggalan dalam merayakan tahun baru. Seperti biasa, perayaan akan dipusatkan di Times Square New York dengan ditandai penurunan sebuah bola kristal raksasa yang dipasang di sebuah gedung yang sebelumnya adalah gedung New York Times.

Masyarakat di Rio de Janeiro, Brasil, berkumpul di Pantai Copacabana. Pantai ini tidak hanya digunakan untuk merayakan pergantian tahun, tapi juga untuk memperingati 100 tahun musik Samba dan Olimpiade 2016, yang akan diselenggarakan di kota itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here