Suasana Perayaan Idul Adha di Wuhan, China

Suasana kekeluargaan Indonesian Students di Wuhan (Doc pribadi)

SUASANA PERAYAAN IDUL ADHA DI WUHAN
Oleh
Putri Raheel & Pusanti Ding

Jutaan Muslim di seluruh Tiongkok dan dunia merayakan Festival Qurban pada hari Senin (12/09/2016). Festival ini juga dikenal sebagai hari raya Idul Adha atau hari pengorbanan. Di Masjid Wuchang, Wuhan, Propinsi Hubei. Ribuan umat Muslim dari berbagai bangsa di dunia melakukan shalat Idul Adha berjamaah untuk menunjukkan iman dan ketaatannya kepada Allah. Setelah shalat selesai dilanjut dengan pembacaan khotbah oleh penceramah namun karena di Tiongkok penggunaan speaker hanya diperbolehkan di dalam masjid sehingga menjadikan para jamaah yang berada diluar kurang dapat mendengar khutbah. Namun hal ini tidak mengurangi antusias para muslim dihari raya Qurban.

Hari raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan Qurban seperti Sapi/domba/kambing. Proses penyembelihan berlangsung setelah shalat selesai. Sedikit berbeda dengan di Indonesia, penyembelihan hewan kurban di masjid Wuchang cenderung lebih cepat, tidak memakan banyak waktu. Dan hewan kurban semuanya diserahkan kepada yang berkurban untuk kemudian di distribusikan secara mandiri. Hal ini berbeda dengan di Indonesia, dimana sudah terdapat panitia khusus yang bertugas untuk mendistribusikan daging hewan kurban ke fakir miskin dan orang yang membutuhkan.

Seperti halnya perayaan Idul Adha di Indonesia dimana semua keluarga berkumpul untuk merayakannya dengan makan bersama, di Wuhan pun demikian. Perayaan Hari Raya Qurban diadakan oleh komunitas mahasiswa/i Indonesia di Wuhan (15/09/2016), bertepatan juga dengan libur mid-autumn festival , Komunitas mahasiswa/i Indonesia di Wuhan mengadakan gathering makan bersama dalam rangka merayakan hari raya Idul Adha sekaligus untuk mempererat tali silahturahmi diantara sesama teman sebangsa dan setanah air dan juga untuk mengobati rindu akan makanan Indonesia. Acara tersebut diadakan di kediaman Ibu Upi, mahasiswi Indonesia yang sedang menempuh study di Huazhong University of Science and Technology, Wuhan.

Acara gathering ini dihadiri oleh sekitar 40 mahasiswa/i Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Wuhan beserta family. Acara dimulai pada pukul 15.00. Setelah makan bersama, acara dilanjut dengan acara ramah tamah tidak lupa juga dengan shalat berjamaah.
Hari raya Idul Adha juga merupakan kesempatan penting bagi umat Islam untuk saling menyapa. Tidak peduli dari suku/ras mana, tua atau muda, pria atau wanita, semuanya membaur menjadi satu keluarga yang harmonis dan bahagia. Kegiatan gathering tersebut berlangsung lancar, akrab dan erat mencerminkan sifat kekeluargaan masyarakat Indonesia yang kental.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here