Willy Wonoto, Mencintai Kerajinan Rotan Tetap Bertahan Meski Tak Untung

Pak Willy Wonoto bersama Rotan menjadi usaha yang di gelutinya

Rotan merupakan jenis tumbuhan palem menjalar yang banyak kegunaannya terutama sebagai bahan baku industri kebutuhan rumah tangga. dan rotan juga merupakan tanaman yang terkenal awet sebagai pengganti kayu, tanaman rotan ini melimpah di Indonesia yang menguasai pasar dunia dalam penjualan. Di Indonesia, rotan banyak dihasilkan oleh hutan di daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Sebenarnya, hampir seluruh kepulauan Indonesia yang mempunyai hutan alam ditumbuhi rotan. Sekitar 70 sampai 80 persen pasokan dunia berasal dari Indonesia.

​Hasil kerajinan tangan dari bahan rotan merupakan sebuah karya budaya lokal yang memiliki nilai ekonomis tinggi, selain di kenal sangat awet dan tahan lama sebagai bahan baku rumah tangga, Namun sayang usaha tersebut mulai banyak ditinggalkan para pengrajin dan pengusaha rotan di Indonesia.

Tidak banyak pengusaha rotan yang ada di Indonesia, namun bertempat di Juno Home di bilangan Kemang jakarta selatan, sosok Willy Wonoto masih tetap mempertahankan kerajinan rotan sebagai usahanya, walau kembang kempis serta tidak pernah untung namun Willy Wonoto mencoba bertahan. Baginya rotan juga kerajinan tangan yang turun temurun dari keluarganya juga sekaligus mengenalkan kerajinan lokal masyarakat Indonesia di dalam maupun luar negeri.

Sebagai satu-satunya pengusaha rotan yang masih bertahan di Indonesia ditengah maraknya produk rotan plastik dari negeri cina, tidak membuat Willy putus asa, hampir 40 tahun profesi ini di gelutinya, “selain membantu mengenalkan kerajinan rotan kepada masyarakat baik di dalam mapun di luar negeri, walaupun tidak pernah untung, mudah-mudahan pemerintah bisa tergerak membantu pengusaha untuk menggerakan kerajinan rotan sebagai budaya asli Indonesia”Ujarnya saat di temui di Showroom Juno Home di bilangan Kemang Jakarta Selatan.

Rumah Rotan Juno Home di Bilangan Kemang Jakarta Selatan

Dengan kualitas nomor 1 bagi produk rotannya, Willy mengaku menjaga kualitas dan menjamin produknya dapat di gunakan hingga puluhan tahun karena rotan yang di gunakan rotan Manau dan Sega sebagai rotan asli Indonesia dengan kualitas bagus.

Produk kerajinan Juno Home yang dikenal terbaik terdapat di showroom Juno Home di Kemang jakarta selatan

Berbagai alasan disampaikan banyak pengusaha rotan, selain harga bahan baku rotan yang tidak nenentu bahkan terus turun, serta perhatian pemerintah sendiri dalam memasarkan hasil kerajinan tangan rotan terbilang minim, dan belum lagi banyaknya produk plastik rotan dari negara cina yang berkualitas rendah yang membanjiri pasar dalam negeri.

Willy juga menjelaskan bersedia untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang kerajinan rotan yang ada di tempatnya. Kepada siapapun yang ingin belajar tentang kerajinan rotan, Willy siap membagikan ilmu dan pengetahuannya. Harapannya agar pengetahuan masyarakat dan pengrajin rotan di Indonesia bertambah sehingga bisa dikenal masyarakat luas sebagai kerajinan dan produk asli Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here