Sosok Achi Soeharman, 7 Tahun Perkenalkan Kopi Indonesia ke Masyarakat AS

Ratusan pengunjung memenuhi acara yang diselenggarakan oleh pemerintah negara bagian New Hampshire yang bernama Experience New Hampshire di gedung Senat AS di kota Washington DC. Acara yang diadakan setiap tahun ini dibuka oleh senator negara bagian New Hampshire, Jeanne Shaheen.“Ini adalah salah satu manfaat dari perencanaan yang kami lakukan, dengan membawa produk-produk unggulan kami dari New Hampshire untuk kami kenalkan kepada komunitas di Washington DC, ke lembaga pembuat kebijakan, anggota konggres, maupun mereka yang ada di Capitol Hill ini,” kata senator Shaheen kepada VOA saat membuka acara ini.

Selain mempromosikan produk-produk dari negara bagian New Hampshire, senator Shaheen juga sangat mendukung peranan perempuan untuk aktif menjadi perilaku utama dibidang bisnis.

“Peranan perempuan di dunia usaha kecil sangat berkembang pesat di Amerika Serikat saat ini, karena itu kita berusaha keras mendorong mereka untuk maju,” kata senator Shaheen.

Amerika Serikat adalah salah satu negara pengimpor kopi terbesar dari Indonesia. Noor Asri Soeharman Wivell atau biasa dipanggil Achi adalah diaspora perempuan asal Indonesia yang hadir menjadi salah satu peserta di acara ini dengan membawa produk kopinya yang bernama Javanese Coffee. Achi telah menekuni bisnis kopi di Amerika Serikat selama sekitar 7 tahun.

“Senator Shaheen adalah senator dari New Hampshire, dia mensupport semua perusahaan yang terdaftar di New Hampshire. Jadi (kopi) green bean ini dari family farm (perkebunan kopi milik keluarga), kemudian kita roast di Brooklyn, kemudian kita distribusikan ke New Hampsire dan New York,” ujar Achi saat mempromosikan usaha kopinya.

Berawal dari ekspor biji kopi mentah ke Amerika, usaha Achi terus berkembang menjadi retailer kopi setelah Achi mendalami ilmu roasting biji kopi. Achi bersyukur usahanya bisa terus berkembang karena adanya dukungan yang kuat dari pemerintah negara bagian New Hampshire dan New York bagi para pengusaha wanita maupun minoritas, dan tentunya, juga karena adanya dukungan yang kuat dari pemerintah Indonesia melalui kementerian perdagangan maupun pertanian.

“Senator Shaheen sangat mendukung pengusaha wanita untuk maju karena dia adalah salah satu senator perempuan di Amerika. Tetapi di negara bagian New York berbeda, di mana mereka sangat mendukung pengusaha minoritas,” tambah Achi yang sudah ikut berpartisipasi di acara ini dalam beberapa tahun terakhir.

Turut hadir di acara ini adalah senator asal Hawaii, Mazie Hirono, yang juga mendukung peran wanita dalam dunia usaha.

Achi Soeharman bersama Senator Hawaii, Mazie Hirono (foto: VOA/Yogi).
Achi Soeharman bersama Senator Hawaii, Mazie Hirono (foto: VOA/Yogi).

Untuk bisa bersaing di pasar Amerika, Achi secara aktif mengikuti berbagai aktivitas yang bertujuan untuk membuka pasar baru. Saat ini Achi memasok kopinya ke beberapa jasa catering, bekerjasama dengan beberapa penyelenggara acara serta mendistribusikan ke toko-toko bahan makanan dan minuman di kota New York maupun New Hampshire.

Setelah menekuni distribusi kopi selama 7 tahun, Achi juga berencana untuk membuka kedai kopi pertamanya di kota New York.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here