Siswi MAN 1 Solo Raih Emas di Ajang World Robot Games 2019

Prestasi membanggakan tingkat internasional ditorehkan oleh siswi kelas XII IPA 2 Boarding School Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN) Solo, Salma Sonia Jneina Sagiri.

Salma meraih medali emas dalam ajang World Robot Games 2019 yang digelar di Bangkok, Thailand, pada 29-31 Agustus 2019.

Guru pendamping robotik MAN 1 Solo Prihantoro Eko Sulistyo mengatakan Salma berhasil mendapatkan medali emas untuk kategori Innovative Robot Extreme.

“Robot yang kami buat adalah Smart Bin in the Mall. Proyek ini sudah kami buat sejak 2017 lalu dalam perlombaan Madrasah Robotik Competition, kami mendapatkan juara pertama tingkat nasional. Kemudian ada kompetisi WRG 2019 ini akhirnya kami perbarui robotnya,” ujarnya saat ditemui solopos.com di ruang Wakil Kepala Sekolah MAN 1 Solo, Senin (2/9/2019).

Prihantoro menjelaskan WRG 2019 adalah sebuah kompetisi robot tingkat internasional yang diikuti oleh 10 negara.

“Tuan rumahnya Thailand, kemudian pesertanya ada Filipina, Vietnam, Hong Kong, Myanmar, Malaysia, Singapura, Bhutan, Indonesia, China, dan masih ada beberapa lagi,” ujarnya.

Ia melanjutkan dalam perlombaan tersebut Salma turun dalam kategori Innovative Robot Extreme bersaing dengan peserta dari usia sekolah hingga dewasa.

“Dalam perlombaan ada delapan kategori yang diperlombakan yakni Sumo Robot, Line Tracing Robot, Search and Rescue Mini Robot, Rugby Robot, Intellegent Robot, Biped, Innovative Robot, dan Xtreme. Kami berangkat satu tim dengan tim robotik dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 8 Kalijambe, jadi Wakil Indonesia hanya dua,” jelasnya.

Sementara itu ditemui di lokasi yang sama Salma Sonia mengatakan inspirasi dirinya membuat Smart Dust Bin In The Mall adalah karena banyak costumer di mal membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Latar belakang lain saya membuat robot ini adalah karena lambannya respons petugas kebersihan sampah di mal. Mereka tidak mengambil sampah ketika sudah penuh, tetapi menunggu giliran mereka. Costumerkan pasti bingung mau membuang di mana,” paparnya.

Salma menjelaskan robot Smart Dust Bin in the Mall memiliki beberapa kelebihan yakni mampu mengirimkan pesan kepada petugas kebersihan agar segera mengosongkan tempat sampah.

“Robot ini memliki dua sensor ada sensor ultasonik di bawah dan di atas tempat sampahnya. Sehingga kalau mau membuang sampah tinggal taruh tangan di atas tempat sampah, nanti dengan otomatis tutup akan terbuka dan menutup dengan sendirinya. Kalau penuh robot ini akan memberikan peringatan berupa suara ‘your dust bin is full‘ terus-menerus sampai dibuang, dan tempat sampah tidak akan terbuka juga,” jelasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here