Siswa Indonesia Berhasil Menjuarai Kompetisi Dunia Google

Kontes Google Code-in (GCI) pada tahun 2016 lalu, Google pun mengumumkan daftar pemenang utama dan para finalis. tak disangka pemenangnya ada yang berasal dari Indonesia.

Google Code-in (GCI) adalah sebuah kontes pengembang game online berskala global yang ditujukan untuk seluruh siswa remaja berumur 13-17 tahun. Dari 34 remaja terpilih yang secara mencengangkan berhasil menyelesaikan 842 tugas pada GCI 2016, terdapat tiga pemenang asal Indonesia.

Setiap tahunnya jumlah peserta GCI menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tak terkecuali pada tahun 2016, 1.340 siswa dari 62 negara berhasil menyelesaikan 6.418 tugas secara impresif. Para pemenang dan finalis terpilih dari 17 organisasi yang ikut serta dalam kontes ini.

Dan tiga siswa asal Indonesia turut menjadi pemenang utama kompetisi dunia Google bertajuk Google Code-in (GCI). Mereka adalah Kaisar Arkhan dari FOSSASIA, Raefaldhi Amartya Junior dari Haiku, dan Scott Moses Sunarto dari Moving Blocks, yang berhasil membawa harum nama Indonesia di tengah ketatnya persaingan global yang melibatkan seluruh negara di dunia.

Salah satunya adalah Scott Moses Sunarto, siswa SMAK 1 Penabur Jakarta. “Saya terlambat memulai kompetisi ini 1,5 minggu, karena pada waktu itu ada ujian akhir di sekolah. Ketika kami mulai, kami diberi pilihan organisasi apa yang ingin kami beri kontribusi. Saya memutuskan memilih MovingBlocks karena saya suka proyek mereka,” sebut Scott kepada detikINET.
Usaha kerasnya tidak sia-sia. Ketika kompetisi berakhir, Scott berhasil masuk daftar pemenang utama, berada di posisi teratas dari 1.340 siswa dari 62 negara yang mengikuti Google GCI. Scott bersama dua pemenang lain asal Indonesia bersama 31 pemenang lainnya akan berkesempatan berkunjung ke Google Campus di California.

Seperti diketahui ketiga pemenang asal Indonesia ini berhasil unggul dari sejumlah kontestan pemenang lainnya yang berasal dari Rumania, India, Rusia, Hongkong, Singapura, Kamerun, Uruguay, Polandia, bahkan Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.

Rencananya ketiga pemenang asal Indonesia bersama 31 pemenang lainnya akan berkesempatan berkunjung ke Google Campus selama 4 hari pada musim panas ini untuk bertemu para Google engineers sekaligus menikmati suasana Bay Area. Congratulation!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here