ANTUSIASME MASYARAKAT INDONESIA DI JERMAN MEMPROMOSIKAN BUDAYA NUSANTARA PADA PARADE der KULTUREN 2018

DR. Willy R. Wirantaprawira selaku Koordinator Keamanan berjalan mengawasi barisan rombongan Parade dari Indonesia bersama Konsul KJRI Frankfurt Toferry Primanda Soetikno (foto: Bernd Schoenewald)

Oleh
Laura Astri Ivo
Dari Jerman

Pagi yang sangat cerah di Frankfurt pada Sabtu, (16/6/2018). Sejumlah persiapan masyarakat Indonesia dalam memeriahkan Parade der Kulturen Frankfurt dan sejumlah kelompok barisan yang mewakili dari berbagai daerah di Indonesia juga telah siap untuk beraksi, Parade der Kulturen ini selalu aktif diadakan oleh pemerintah Jerman khususnya pemerintah Kota Frankfurt yang setiap 2 tahun sekali diikuti oleh Masyarakat dari berbagai negara di dunia yang tinggal di Frankfurt.

Tahun ini 2018 ini jumlah negara yang ikut serta ada 46 negara dan Indonesia berada dalam urutan ke 4 dalam barisan parade. Tema Parade kali ini juga sesuai dengan semangat Indonesia yaitu “Gemeinsam, Solidarisch, Teilhabe Frankfurt” atau “Bersama, Solidaritas, dan Ikut serta Frankfurt” yang artinya bertujuan untuk mempersatukan semua etnis seluruh negara yang ada di Frankfurt mengingat Frankfurt merupakan salah satu kota bisnis besar di Jerman dan juga sebagai sarana promosi pariwisata dan budaya dari setiap negara.

Parade budaya tahun 2018 ini didukung secara penuh dan diawasi secara langsung oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Frankfurt yang baru dilantik, Toferry Primanda Soetikno beserta jajaran staff Diplomatnya dengan ikut serta berjalan bersama rombongan dengan jarak tempuh kurang lebih 3,5 km, dukungan dari berbagai pihak ini telah memberikan semangat tak henti dari peserta rombongan yang terlihat dari rasa bahagia.

DR. Willy R. Wirantaprawira selaku Koordinator Keamanan berjalan mengawasi barisan rombongan Parade dari Indonesia bersama Konsul KJRI Frankfurt Toferry Primanda Soetikno (foto: Bernd Schoenewald)

Pelaksanaan Parade budaya tahun ini juga dipersiapkan oleh Persatuan Masyarakat Indonesia Frankfurt dan sekitarnya (PERMIF e.V.) yang diketuai oleh Nurlina Forschner mengusung tema “Bhinneka Tunggal Ika” dengan menampilkan berbagai pakaian tradisional dari berbagai daerah di tanah air mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, NTT dan Papua dan tak lupa diiringi team pemain gamelan, tarian berbagai daerah dan lagu daerah yang mewakili setiap daerah di Indonesia seperti lagu khas Batak, Padang, Jawa, Dayak, Bali, Papua dan daerah lainnya, yang ditampilkan dengan sangat indah dan luarbiasa.

Dalam agenda acara parade seluruh rombongan dari 46 negara berkumpul di Romer Platz sebagai titik kumpul acara, rombongan Indonesia juga dengan bangga turut serta mengisi panggung dengan menampilkan 2 orang dari team dan membawakan tarian khas Bali yang dipimpin oleh Ketut Suastiti. Tak lupa peserta rombongan parade dari Indonesia ini didukung oleh para panitia yang sangat kompak dan cekatan, salah satunya panitia senior sekaligus Penasihat PERMIF e.V., DR. Willy R. Wirantaprawira yang juga pegiat Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI) di Jerman dengan antusias dan semangat mengawasi barisan agar tetap aman.

Bagi Willy yang kini yang sudah hampir 50 tahun dan tinggal di Jerman ini selalu aktif mendukung berbagai Ormas dan paguyuban Indonesia – Jerman di Eropa khususnya dalam memberikan berbagai masukan dan saran guna kebaikan Indonesia salah satunya PERMIF e.V. selaku pelaksana parade budaya rombongan Indonesia.
“Meski umur sudah lanjut usia hampir 80 tahun, semangat untuk mengawasi barisan sejauh 3,5 km alhamdullilah bisa terlaksana dengan baik demi rasa cinta kepada Ibu Pertiwi Indonesia tercinta” ungkap beliau saat diwawancara oleh tim Kabarrantau.

DR. Willy R. Wirantaprawira selaku Koordinator Keamanan berjalan mengawasi barisan rombongan Parade dari Indonesia bersama Konsul KJRI Frankfurt Toferry Primanda Soetikno, Kegiatan parade budaya ini rencananya kedepan akan dilaksanakan satu kali dalam satu tahun mengingat pelaksanaannya selalu dalam 2 tahun satu kali. Apabila rencana ini terealisasi akan sangat membantu pemerintah Indonesia khususnya untuk mengenalkan “Wonderful Indonesia” kepada dunia sesuai program pemerintah.

“Kegiatan parade budaya di Luar Negeri seperti yang diadakan oleh pemerintah Jerman ini sangat membantu berbagai negara di dunia untuk memperkenalkan negaranya, salah satunya bangsa kita Indonesia. Kegiatan semacam ini juga diharapkan tidak hanya sekadar memperkenalkan budaya namun juga meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke Indonesia sehingga secara paralel dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar serta mempererat silaturahmi antar masyarakat Indonesia di luar Negeri termasuk keharmonisan antar negara” ungkap DR. Willy Wirantaprawira usai menutup wawancara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here