Selamat, Kopi Arabika Kerinci Jadi Pemenang Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke 9 2017

Kopi Arabika Kerinci berhasil meraih peringkat pertama pada Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke 9 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI). Pemenang kontes tersebut dimumkan Kamis (19/10) kemarin di Hoteh Sahid, Jakarta.

Informasi yang di himpun kabarrantau.com, kontes itu sendiri diikuti oleh Koperasi Koerintji Barokah Jernih Jaya, Gunung Tujuh, Kerinci-Jambi. Pada penilaian akhir, Kopi Arabika Kerinci yang dikirimkan oleh Koperasi Koerintji Barokah Jernih Jaya berhasil memperoleh skor 88,29.

Sementara itu di posisi kedua adalah Kopi Arabika Toraja Pulu-Pulu yang dikirim oleh Toraja Red Beans Objek Wisata, Kete Kesu Toraja Utara, Desa Pulu-pulu, Kecamatan Buntu, Pepasan, Kabupaten Toraja Utara, dengan skor 88,22.

Melengkapi tiga besar adalah Kopi Arabika Garut yang dikirim oleh Aries Santoni (D. Arffi Coffe) KP. Daya Mukti RT 1 RW 1, Desa Simajaya, Kecamatan Pasir Wangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dengan skor 88,17.

Kontes Kopi Specialty Indonesia telah diadakan sejak tahun 2008 oleh Pranoto Soenarto selaku Vice Chairman Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI).

Dalam kontes ini juga melibatkan juri mancanegara, seperti Jerman, Australia, dan Jepang. Setiap juri menilai kualitas kopi tanpa mengetahui dari mana kopi itu berasal. Mereka hanya disediakan cangkir berisi kopi hangat yang diberikan nomor. Setiap nomor itu kemudian akan mereka nilai. Di akhir acara, mereka baru diberitahu asal kopi itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here