Sambut Hari Batik, Mahasiswa Asing Ramaikan Lomba Menggambar Desain Batik Surabaya

BATIK NUSANTARA: Masja Verdonschot (dua dari kiri) bersama Prema Kresna (kiri) mahasiswa UK Petra sedang menggambar motif batik.

Dalam menyambut hari batik Indonesia, terdapat pemandangan unik di ruang P lantai 8 Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, terlihat puluhan mahasiswa sedang sibuk menggambar. Bukan sembarang menggambar, mereka sedang mengikuti lomba menggambar desain batik. Lomba tersebut digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UK Petra dalam memperingati hari batik

Selain mahasiswa lokal, terdapat beberapa mahasiswa asing turut serta dan antusias mengikuti lomba tersebut. Lomba diikuti oleh 40 tim mahasiswa dari berbagai program studi di UK Petra. Satu tim terdiri dari dua orang, diantara mereka ada 12 mahasiswa asing dari Korea, Jepang  dan Australia yang sedang belajar di UK Petra.

Ketua panitia Batik Days 2017 UK Petra Alicia lnneke Alvirizu mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk menumbuhkan kecintaan mahasiswa terhadap batik. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda tetap terus mencintai batik.

“Nanti aka ada talkshow tentang filosofi batik. Program ini akan kami kembangkan tiap tahun. Kalau tahun kemarin hanya lomba foto. Pemenangnya nanti dapat merchandise batik,” terang Alicia kepada Jawapos, Jumat (20/10).

Dalam lomba ini peserta diminta mem buat motif batik di atas kertas A4 dengan hanya diberi tiga warna cat poster, yaitu merah, kuning dan biru. Peserta akan diberikan motif dasar oleh panitia, yaitu motif babon angrem. Lalu para peserta diminta menciptakan motif baru dari motif dasar tersebut, dan nampak mahasiswa dari luar negeri sangat antusias mengikuti lomba tersebut.

“Kami kenalkan dengan salah satu motif batik, kemudian peserta bisa berkreasi menciptakan motif baru dari pengembangan motig tersebut,” tandas Alicia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here