Sambal Pecel yang mengandung manfaat

Pecel Pojok Madiun (cendhika.com)

Satu lagi makanan khas indonesia yang cukup dikenal, yakni pecel, bagi masyarakat jawa makanan pecel cukup populer, Pecel merupakan makanan Indonesia yang terbuat dari campuran rebusan berbagai sayuran dengan sambal kacang. Tahukah rahasia kelezatan ‘salad Indonesia’ ini terletak pada sambal kacangnya?

Menjadi perbincangan dunia bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati dan budaya. Keanekaragaman tersebut juga menjadikan ibu pertiwi kita kaya akan makanan khas yang jarang dijumpai di negara manapun. Apabila dalam masakan daging, kita mempunyai rendang yang telah mendunia, dalam masakan sayur kita juga mengenal pecel. Makanan tradisional yang juga dikenal sebagai kuliner ndeso, terbuat dari rebusan berbagai sayuran, seperti bayam, tauge, kacang panjang, daun ketela, kenikir, bunga  turi atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel.

Selain itu pecel terdapat kunci kenikmatan pecel yang terletak pada sambal pecel yang terdiri dari kacang tanah dan cabe rawit dicampur daun jeruk purut, asam jawa, gula merah dan garam. Pecel sebenarnya tak ubahnya seperti salad ala Indonesia, dengan dressing sambal kacang. Di Indonesia, terutama di Jawa, banyak sekali resep-resep sambal pecel yang menjadi legenda, karena rasanya yang luar biasa. umumnya para pembuatnya, memiliki cara tertentu untuk membuat bumbu pecel, misalnya kacangnya tidak digoreng, tapi di sangrai. Bumbu-bumbu pecel ini tentu saja memiliki kesempatan bersaing dengan berbagai bumbu salad yang sudah banyak beredar dalam menu-menu internasional.

rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel. Konsep hidangan pecel ada kemiripan dengan salad bagi orang Eropa, yakni sayuran segar yang disiram topping mayonaise. Hanya saja untuk pecel toppingnya sambal pecel. Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, merica dan garam. Pecel sering juga dihidangkan dengan rempeyek kacang, rempeyek udang atau lempeng beras. Selain itu pecel juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging ayam atau jerohan. Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam daun yang dilipat yang disebut pincuk. Masakan ini mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan. Rasa pecel yang pedas menyengat menjadi ciri khas dari masakan ini.

Selain itu pecel juga bisa  dihidangkan dengan rempeyek kacang, rempeyek udang atau lempeng beras. Di daerah tertentu, seperti Madiun, Blitar dan Kediri, pecel juga biasa dihidangkan dengan nasi putih dan lauk pauk seperti daging ayam atau jerohan. Untuk menambah rasa, bisa juga ditambahkan kering tempe, daun kemangi dan ragi (kelapa parut yang sudah dibumbui dan digoreng).

Selain kaya dalam cara penyajian, Pecel juga merupakan makanan yang kaya gizi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain dapat mengambil manfaat gizi dari sayuran pelengkap, kacang sebagai bahan dasar sambel pecel mempunyai nilai manfaat yang tinggi.

berbagai kandungan ada didalamnya, Kandungan asam folat dalam kacang tanah sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat. Kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik sehingga mencegah depresi. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dikombinasikan dengan manfaat coklat, akan menjadi kolaborasi yang dapat memberi perasaan yang tenang dan menyenangkan.

Kacang bisa mengurangi risiko kanker usus dan menjaga berat badan terutama pada wanita. Makan setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 58% dan pada pria hingga 27% dan wanita yang makan kacang atau selai kacang setidaknya dua kali seminggu cenderung rentan terhadap obesitas daripada mereka yang tidak.

Konsumsi kacang tanah secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan, sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner.

Sampai sekarang belum ada yang mengetahui asal- usul sambal pecel ini. Beberapa tukang pecel Indonesia yang diminta untuk bercerita tentang sejarah pecel memiliki jawaban yang sama yaitu sejak nenek moyang sudah ada.  Hal ini ada benarnya juga mengingat sambel pecel juga dapat kita temui di Suriname dan restoran-retoran Indonesia di Amsterdam meskipun rasanya sudah disesuaikan dengan selera lidah warga setempat. (mydila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here