Saat Mahasiswa di Amerika Ikut Lomba Lari Pakai Batik Indonesia

Ratusan warga Indonesia dan mahasiswa negara lain terlibat dalam Batik 5K Fun Run and Walk di Lake Fairfax Park, Virginia, Amerika Serikat. Mereka mengenakan aksesoris khas Indonesia dalam lomba lari tersebut.

“Tema Batik yang diangkat menjadi ciri khas acara ini. Sebagian besar peserta mengenakan aksesori dengan sentuhan Indonesia sebagai bagian dari kostum lari mereka, seperti celana, sarung, ikat kepala, dasi batik, bahkan kuda lumping,” kata Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar dalam keterangan tertulis yang diterima detik, Minggu (15/9/2019).

Kegiatan itu dilangsungkan pada Sabtu (14/9) waktu setempat. Kegiatan yang diadakan ILUNI Universitas Indonesia itu juga ditujukan untuk menggalang dana pendidikan.

“Hasil keuntungan bersihnya akan disumbangkan untuk beasiswa mahasiswa Universitas Indonesia, serta untuk penyelenggaraan kelas bahasa Indonesia bagi anak dan dewasa di seputar Washington DC,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dimanfaatkan Ikatan Mahasiswa Papua di Amerika (IMAPA). Mereka juga mengadakan penggalangan dana untuk konferensi mereka akhir tahun ini dengan menjual berbagai batik dengan corak khas Papua.

Para peserta kegiatan ini ikut terlibat langsung untuk membatik dengan menggunakan cap dari bahan daur ulang sebagai simbol unity in diversity atau persatuan dalam perbedaan. Selain itu, mahasiswa asal Papua juga memamerkan tarian Poco-poco di hadapan warga AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here