Ribuan Anak Australia Saksikan Konser Bahasa Indonesia di Australia Barat

Sekitar 1000 anak Australia dari 20 Sekolah di Australia Barat hadir pada Konser Lagu-lagu Indonesia atau di Australia lebih dikenal dengan istilah‘Michael J in Oz School Concerts2018′. Konser dilaksanakan di Teater Lakelands, Mandurah berjarak 47km dari Kota Perth, Rabu (8/8). Konser tersebut disaksikan juga oleh sekitar 1000 murid SMA dari 20 sekolah di Surabaya, Jawa Timur secara terpisah dengan menggunakan fasilitas livestream. Konser ini disaksikan langsung oleh WA Minister for Local Government; Heritage; Culture and the Arts, Hon. David Templeman MLA dan Konsul Jenderal RI di Perth Dewi Gustina Tobing. Duta Besar RI di Canberra, Y.Kristiarto S. Legowo  turut menyaksikan dari Canberra dan menyapa para murid lewat Skype. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Saiful Rahman, Konjen Australia di Surabaya, Chris Barnes beserta Komisaris Kantor Dagang Australia Barat, Jennifer Matthews menyaksikan dari Surabaya beserta para murid di Surabaya.

Konser ‘Michael J in Oz School Concerts 2018′merupakan konser yang ketiga kalinya hasil kolaborasi antara Balai Bahasa Indonesia Perth (BBIP) dengan Michael Jakarimilena atau  yang biasa di sebut Miki J, penyanyi Indonesia jebolan Indonesian Idol musim pertama. Miki J bersama bandnya berusaha mempromosikan Bahasa Indonesia melalui pop kultur Indonesia. Dengan diadakannya konser ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan antusiasme generasi muda Australia untuk belajar Bahasa Indonesia dengan cara yang menyenangkan, edukatif dan tentu juga menghibur. Konser kali ini sangat berbeda mengingat disaksikan juga oleh para siswa dari Surabaya yang diharapkan mampu mendekatkan generasi muda dari Australia Barat dan Jawa Timur yang memilki hubungan kerja sama Provinsi Kembar.  Konser ini didukung penuh oleh KBRI Canberra dan KJRI Perth serta para sponsor lainnya.

Dilansir KBRI Perth, Konser Miki J kali ini, Penyanyi asal Jayapura ini bersama gitaris berbakat, Toni dan Deon membawakan 8 lagu berbahasa Indonesia yaitu Salam, Salam Tiga Jari, Aku Bosan, Maju Bersama, Yogya Love Song, Surabaya oh Surabaya, Kebyar-kebyar dan Raya Indonesia. Melalui lagu tersebut  mereka mengajarkan kepada murud-murid di Australia kalimat-kalimat ekspresi bahasa Indonesia dengan menyenangkan. Para murid yang memenuhi Teater Lakelands terlihat sangat menikmati lagu-lagu yang dinyanyikan bersama dengan Miki J. Terlebih saat Miki J membawakan lagu Raya Indonesia dan juga Kebyar Kebyar, para murid ikut bernyayi penuh semangat. Miki J juga membawakan folksong Australia Waltzing Matilda yang diikuti oleh para siswa di Surabaya dengan antusias.

Miki J direncanakan akan menggelar konser serupa pada Kamis, 9 Agustus 2018 di Sekolah John Septimus Roe Anglican Community School dan selanjutnya  ke Canberra untuk melakukan konser-konser khusus untuk para siswa-siswi di sekolah menengah yang sedang mempelajari bahasa Indonesia. Michael J bersama dengan Toni dan Deon telah mampu menghibur sekaligus mengajak ribuan siswa dari Australia Barat dan Jawa Timur untuk berinteraksi dan berpartisipasi secara antusias dan penuh semangat, selama berlangsungnya konser. Sekali-sekali, para siswa di Surabaya dan di Australia Barat saling menyapa satu dengan lainnya selama konser berlangsung sehingga tercipta nuansa persahabatan.

Dubes RI Canberra sangat terkesan dengan antusiame para siswa di Australia mengikuti konser. Sementara Konjen RI Perth menekankan pentingnya generasi muda dari kedua negara untuk dapat berinteraksi dan saling menjalin persahabatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here