Revaldi Kurnia, Juara Dunia Olimpiade Matematika dari Sumedang

Prestasi membanggakan diraih oleh seorang siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Sumedang. Revaldi Kurnia namanya, yang baru saja memenangkan medali emas di ajang Olimpiade Matematika TIMO.

Perlombaan tersebut digelar di Phuket, Thailand, pada 5-8 April 2019. Ajang bergengsi ini diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Juara Olimpiade dari Hong Kong. Terdapat ribuan peserta yang mengikuti TIMO, dari 21 negara yang berpartisipasi.

Negara-negara tersebut di antaranya adalah Hong Kong, Tiongkok, Singapura, Malaysia, Thailand, Ukraina, Filipina, Kirgizstan, Sri Lanka, Myanmar, Vietnam, Taiwan, dll.

Di kejuaraan ini, Revaldi mengaku awalnya tidak menyangka akan mendapat gold awarddan free package World International Mathematical Olympiad 2019 Tokyo. Sebab, pada babak TIMO heatround ia mendapat silver award.

“Tentunya final saingan lebih berat dan soal lebih sulit, karena yang ikut final hanya peraih mendali pada babak heatround. Ribuan orang dari puluhan negara tentunya banyak yang gagal melaju ke babak final, di situ saya merasa bersyukur diberikan kesempatan,” ujar Revaldi, saat dihubungi GNFI melalui pesan singkat.

Kesuksesan ini tak lepas dari persiapan ekstra yang dilakukan Revaldi sebelum mengikuti perlombaan. Ia menuturkan, berkali-kali dirinya mengasah materi terlemah dalam lima materi yang diujikan, yakni logical thinking, kombinatorik, geometri, number theory, dan algebra.

“Di antara materi tersebut saya lemah dalam geometri, jadi saya lebih expert berlatih dalam materi tersebut. Cuman sebetulnya fokus saya terbagi tiga karena saya juga harus mengajar matematika di tempat les & mengajar privat, persiapan ujian nasional.” ungkapnya.

Revaldi di KBRI Thailand | Foto: Dok. Revaldi Kurnia

Kiprah Revaldi di Olimpiade Matematika tak berhenti sampai di sini. Selanjutnya ia akan menyiapkan diri untuk tampil lebih baik lagi di World International Mathematical Olympiad (WIMO) 2019 di Tokyo, Jepang.

Selain itu, siswa yang sudah sering mengikuti kompetisi Olimpiade Matematika ini juga akan mengikuti Ujian Nasional fisika susulan, dan melakukan perencanaan kuliah.

“WIMO kesulitanya akan bertambah dan sainganya adalah para peraih gold awarddari TIMO & HKIMO,” pungkas Revaldi.

Selain Revaldi, satu anak bangsa lainnya juga meraih prestasi luar biasa dengan meraih medali perak. Ia adalah Dadang Hawari Subhan yang juga merupakan siswa SMA Negeri 1 Sumedang. Keberhasilan keduanya di TIMO semakin menggembirakan, karena didapat jelang HUT Sumedang yang ke-441 pada 22 April mendatang.

Para pemenang di TIMO 2019 | Foto: Dok. Revaldi Kurnia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here