Renyahnya Peyek Undur-undur Laut yang Kaya Khasiat

Peyek undur-undur, cemilan khas Kulonprogo jawa tengah

Jawa Tengah dengan keindahan Pantai Parangtritis yang ada di sebelah selatan Yogyakarta sudah dikenal keindahannya serta makanan tradisionalnya, dibalik keindahan pantai Parangtritis ada makanan khas pantai yang dijual di sekitar pantai parangtritis, yaitu peyek undur-undur, Makanan khas pantai ini enak dan lezat, rasanya gurih renyah. Selain enak ternyata peyek undur-undur cukup bagus bagi kesehatan tubuh karena diyakini dapat menurunkan kadar gula darah untuk orang yang diabetes cukup bagus makan camilan dari undur-undur laut ini.

Undur-undur adalah hewan kecil dari laut yang bentuknya mirip serangga, hewan kecil ini dicari oleh nelayan dengan cara dijaring atau dicari di tepi pantai dengan alat tertentu, bentuk undur-undur laut yang kecil dan banyak terdapat di pantai.

Binatang Undur-undur laut Mungkin bagi kita sebagian pernah melihat binatang dengan bentuk bundar dan berjalan mundur? Binatang sebesar biji nasi ini konon dikenal memiliki beragam manfaat. Uniknya nih di daerah Kulon Progo binatang ini justru dijadikan kuliner khas yang menggoda buat dicicipi. Cara membuat peyek undur undur ini juga cukup gampang, Ya, undur-undur laut dibikin peyek. Di mana dalam proses pembuatannya sendiri hampir sama dengan kebanyakan cara mengolah peyek, ada tepung beras yang dicampur tepung kanji, kemiri, bawang putih, santan, dan bumbu lain.

Makanan ini juga diberi daun jeruk di mana fungsinya adalah menghilangkan aroma amis dari binatang yang hidup di laut tersebut. Peyek undur-undur laut khas Kulon Progo ini sendiri dipercaya memberikan manfaat dapat mengobati gula darah tinggi, diabetes, serta stroke.

Meskipun dari bentuknya sedikit membuat geli bagi yang tidak suka, namun setelah menjadi peyek undur-undur goreng maka akan terasa lezat, disamping itu kaya manfaat dan khasiat sebagai penurun gula darah. Peyek Undur-undur laut banyak terdapat Di Kawasan Pantai Glagah Kulonprogo, Peyek Undur-undur yang sudah matang ini dikemas dalam plastik dan dijual dengan seharga Rp. 5.000,00 per bungkus. Satu bungkusnya berisi lima peyek. Satu peyek berisi lima undur-undur. tertarik untuk mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here