Rani, Perupa Indonesia Pameran Lukisan di Budapest, Hungaria

Lukisan Potret Diri

Dunia seni rupa di Indonesia boleh bertepuk dada. Kali ini, salah satu putri terbaik negeri gemah ripah lohjinawe Dwi Rachmatika Maharani atau biasa disapa dengan panggilan Rani menampilkan karya lukisnya di VarMezo Galeria, Budapest, Hungaria, 14 September-28 September 2019.
Pameran yang berlangsung di VarMezo galeria pusat kota Budapest ini selain diikuti oleh satu-satunya perupa asal Indonesia juga menyertakan para pelukis dari delapan negara antara lain Finlandia, Prancis, Jerman, Austria, Hungaria, Jepang dan Italia dan Indonesia.

Lukisan Potret Diri

“Pada pameran internasional ini menampilkan 64 lukisan dari 49 pelukis yang berasal dari delapan negara, salah satunya dari Indonesia,” kata panitia.
Seorang panitia yang tak bersedia disebutkan namanya mengatakan di ruang pameran, lukisan Rani menjadi salah satu daya tarik pada pameran ini. “Beberapa perupa mengagumi lukisan Rani yang dianggap alami dan jernih,” ucapnya dengan senyum tipis.

Rani, perempuan asal Batu/Malang Jawa Timur, memamerkan karyanya berjudul “Potret Diri”. Lukisan ini, sebelumnya pernah menyabet penghargaan sebagai lukisan terbaik di Hungaria setelah mengalahkan 50 lukisan dari para perupa di Hungaria pada sebuah kompetisi pelukis senior di bulan Juli 2018 di istana Godollo.
Menurut Petronella Vince, pelukis Hungaria yang juga ikut dalam pameran tersebut, dan Melinda, Chief Organizer pameran, lukisan Rani wajar memenangkan lomba lukis. “Maharani seorang pelukis berbakat, karyanya natural. Saya pikir bakat dia perlu dikembangkan terus. Dia harus sering mengikuti pameran internasional seperti ini,” ujar Petronella.

Foto-foto : Suasana pameran di VarMezo Galeri, Budapest Hungaria, 14-28 September 2019. PavilionSix Art Gallery Budapest, Budapest, Hungary,

Setali tiga uang dengan Petronella, seorang pelukis asal Finlandia, Anneli Di Francis yang turut memamerkan karya lukisnya, menambahkan, “Saya kagum dengan lukisan Rani, tampak mirip wajah, natural dan otentik.”
Sementara itu, seorang kurator Indonesia dan pengamat budaya asal Jawa Timur sekaligus perupa, Sukarno, sangat mengagumi karya seni lukis Rani ketika dia melihat foto lukisan “Potret Diri” yang dilukis pada 1995.
Menurut Sukarno, lukisan “Potret Diri” karya Rani sangat kuat goresannya. “”Goresan lukisan Rani sangat tegas, kuat dan komposisinya bagus. Dari sisi estetika lukisannya indah serta ekspresif. Tidak mudah melukis seperti itu, saya yakin karya seni pelukis asal Batu tersebut bakal dicari kolektor dengan harga mahal.”
Saat ini, Rani telah memiliki sebuah galeri yang didirikan bersama manajernya di Budapest, Hungaria sejak Mei tahun lalu. Galeri bernama PavilionSix Art Gallery Budapest itu berisi sekitar 50 lukisan termasuk karya lukis dari para perupa di Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here