Pulau Alor, Wisata Bahari Tersembunyi di Timur Indonesia

Keindahan alam Indonesia memang nggak ada duanya deh. Bagi kamu berjiwa traveler,  menikmati banyak wisata tersembunyi di Indonesia Timur. Salah satunya di Pulau Alor NTT.

Salah satu wilayah di Indonesia yang dikenal sebagai ‘surganya’ Indonesia adalah Pulau Alor. Berada di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara Timur dengan luas wilayah 2.119 kilometer persegi, Pulau Alor menyimpan jutaan pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari pantai dengan ombak yang tenang hingga budaya lokal yang masih terjaga dengan sangat baik keseluruhannya ada di Pulau Alor. anda makin penasaran?

Kepulauan Alor terdiri dari 20 pulau dan 17 kecamatan. Di antaranya, hanya 9 pulau yang dihuni: Alor, Pantar, Pura, Terewang, Ternate (tidak harus bingung dengan Ternate di Maluku), Kepa, Buaya, Kangge, dan Kura. 11 pulau tak berpenghuni lainnya adalah: Sikka, Kapas, Batang, Lapang, Rusa, Kambing, Watu Manu, Batu Bawa, Batu Ille, Ikan ruing, dan Nubu.

Dari Pedomanwisata, Pulau Alor juga dikenal sebagai pulau Seribu Moko. Moko adalah gendang perunggu kecil yang diyakini berasal dari budaya Dong Son Vietnam. Namun, hal itu tetap menjadi misteri bagaimana prasejarah drum Dong Son ini tiba di Alor. Legenda setempat mengatakan bahwa moko itu ditemukan terkubur di dalam tanah. Untuk mengamati artefak unik, dapat mengunjungi Museum Seribu Mokos terletak di kota utama Kalabahi, di PulauAlor. Museum juga menampilkan koleksi pakaian tenunan tangan Alor yang berbeda yang disebut Kawate.

Pulau ini juga menyimpan Al Qur’an (kitab suci Islam) tertua yang pernah ditemukan di Indonesia dan di Asia Tenggara. Al Qur’an yang diperkirakan berusia lebih dari 800 tahun yang terbuat dari kulit kayu dan menggunakan bahan-bahan alami untuk tinta. Khusus Al Qur’an pernah diperlihatkan ke publik pada April 2011, selama Festival Legu Gamdari Kesultanan Ternate.

Mencapai Lokasi

Untuk sampai ke Alor, Anda dapat mengambil penerbangan dari Kupang, ibu kota Nusa Tenggara Timur. Dari Kupang ada beberapa penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara Mali di Kalabahi, kota utama Alor. Trans-Nusa melayani penerbangan harian antara Kupang-Alor yang memakan waktu sekitar satu jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here