Pria Asal Udayana Terima Penghargaan Padma Shri dari Presiden India

Rsi Agus Indra Udayana, pria asal Bali dinobatkan sebagai salah satu penerima Padma Awards 2020 untuk kategori Padma Shriyang diserahkan langsung oleh Presiden India Shri Ram Nath Govind (26/01/2020).

Dalam keterangan pers yang diterima kabarrantau.com, Padma Awards adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah India kepada para tokoh, public figure, ilmuwan dan individu pada Republic Day setiap tanggal 26 Januari sejak tahun 1954. Padma Awards diberikan untuk semua bidang dan disiplin tanpa memandang ras, latar belakang, kedudukan sosial dan gender. Padma Awards terdiri dari tiga kategori yaitu Padma Vibushan (for exceptional and distinguished service), Padma Bhusan (for distinguished service of higher order) dan Padma Shri (distinguished service).

Rsi Udayana menerima penghargaan Padma Shrikarena kontribusinya yang konsisten dalam bidang sosial dan kebudayaan melalui pengembangan nilai-nilai Gandhianisme di Indonesia. Beliau merupakan pendiri sekaligus ketua Ashram Gandhi Puri di Bali yang aktif menyebarkan nilai-nilai anti-kekerasan, kejujuran dan humanitarianisme. Rsi Udayana juga aktif terlibat dalam forum internasional inter-faith dialogue dan saat ini menjabat sebagai Trustee Sarvodaya International Trust President Gandhi Global Family Indonesia.

Bersama KBRI New Delhi, Rsi Udayana juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan promosi budaya yang diselenggarakan di berbagai negara bagian India seperti Bali Yatra dan pertukaran budaya antara Bali dan Odisha bertajuk “Kalinga Bali Sangam” di Odisha, India.

Rsi Udayana bukan satu-satunya WNI yang pernah menerima Padma Awards. Pada tahun 2018, I Nyoman Nuarta menerima Padma Shrikarena mahakarya Garuda Wisnu Kencana di Bali dan patung-patung bercorak Hindu lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here