Politeknik Negeri Batam Ukir Prestasi di Ajang Bergengsi Internasional SEASAC 2021

Mahasiswa Politeknik Negeri Batam kembali torehkan prestasi yang cukup gemilang dalam ajang bertaraf internasional, South East Asian Sales Competition (SEASAC) 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Bandung, pada tanggal 3 – 5 Maret 2021.

Akibat pandemi Covid-19, acara yang seharusnya digelar langsung di Bandung itu, harus diselenggarakan melalui platform konferensi video.

Ini merupakan kali kedua Polibatam mengikuti ajang tersebut. Sebelumnya, Polibatam telah meraih juara pada SEASAC 2020 yang diselenggarakan oleh Mahasarakham University di Thailand.

Harri Lappalainen selaku Head of SEASAC project mengatakan, SEASAC merupakan kompetisi yang diadakan sejak tahun 2020, melalui SEASAC, peserta diharapkan dapat menunjukkan kinerja Business to Business (B2B) sales yang profesional.

“Ini adalah bagian dari program Erasmus+ Capacity Building of Higher Education (CBHE) yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan Perguruan Tinggi di Asia Tenggara untuk mencetak B2B Sales yang profesional dan terampil untuk memenuhi kebutuhan pasar internasional,” ungkapnya kepada wartawan..

Dijelaskannya, lebih dari 80 siswa dari 9 negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Kamboja, Brunei, Malaysia, Laos, Thailand, Singapura, Filipina dan Vietnam berpartisipasi dalam SEASAC 2021. Ada juga beberapa peserta dari Finlandia dan Austria yang diundang sebagai peserta undangan untuk babak kualifikasi.

“Tim Polibatam terdiri dari Noel Steven Limbong (Logistik Perdagangan Internasional, Angkatan 2020), Aprilia Pristiana Putri (Manajemen Bisnis, Angkatan 2019), Assyfa Naysila (Manajemen Bisnis, Angkatan 2019), dan Gabriella Stephanie Siregar (Manajemen Bisnis, Angkatan 2019),” ujarnya.

Dua diantaranya adalah Juara 1 (Gabriella) dan Juara 4 (Noel) pada Indonesia Sales Competition (ISAC) 2020 yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2020 dengan tuan rumah Universitas Putera Indonesia (UPI) YPTK Padang, Sumatera Barat.

Guna menunjukkan prestasi terbaik di SEASAC 2021, sekitar dua minggu sebelum penyelenggaraan tim Polibatam fokus pada persiapan intensif di bawah bimbingan Hajan Hidayat dosen Manajemen Bisnis yang dalam acara ini bertindak sebagai Koordinator Lomba.

“Mahasiswa tersebut juga dilatih oleh tim dosen Polibatam dan beberapa mitra praktisi industri. Persiapan tersebut dilakukan melalui pertemuan daring dan luring dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat,” jelasnya.

Keseluruhan jalannya SEASAC 2021, ditempuh dalam 4 babak mulai dari babak kualifikasi pertama, babak kualifikasi kedua, babak semifinal dan babak final. Ada 4 siswa yang mendapat kesempatan untuk berlaga di final.

Gabriella dan Noel berhasil lolos ke babak final bersaing dengan 2 mahasiswa lainnya dari Nanyang Technological University (NTU) Singapura, kampus peringkat 2 se-Asia dan peringkat 13 se-dunia.

Pemenang kompetisi ini diantaranya:

Juara Ke-1 : Sean Tan Zong Yue, Nanyang Technological University (NTU), Singapura

Juara Ke-2 : Gabriella Stephanie Siregar, Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Indonesia

Juara Ke-3 : Noel Steven Limbong, Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Indonesia

Juara Ke-4 : Ivan Sim Ding Hao, Nanyang Technological University (NTU), Singapura.

Lanjut Harri Lappalainen menyampaikan, pihaknya berharap 33 universitas yang telah mengikuti kompetisi ini dapat terinspirasi untuk mengimplementasikan program B2B Sales di kampus masing-masing.

“Saya ucapkan terima kasih khusus kepada para pihak dan orang-orang yang bekerja keras untuk mendukung acara ini terselenggara dengan baik,” bebernya.

Kemudian, European Sales Competition (ESC) akan diadakan pada 17-19 November 2021 dimana Turki University menjadi tuan rumah dan berharap universitas Asia Tenggara di SEASAC 2021 dapat berpartisipasi dalam acara tersebut,” pungkasnya. (Atok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here