Pesona Keindahan Alam Pulau Lampu Pangkalpinang

Pesona Keindahan Alam Pulau Lampu Pangkalpinang
Kota Pangkalpinang memiliki keindahan alam yang luar biasa dan bisa bersaing dengan wisata-wisata alam yang ada di Belitung bahkan di Indonesia. Di Belitung terdapat pulau yang terkenal dengan nama Pulau Lengkuas, di Bangka pun terdapat pulau yang tak kalah indahnya dengan Pulau Lengkuas, Pulau Lampu namanya!
Pulau Lampu ini karakteristiknya sama dengan Pulau Lengkuas, terdapat pantai yang berpasir putih dan bebatuan granit di sekitarnya, air lautnya jernih dan juga terdapat mercusuar. Pulau ini terletak di Kecamatan Belinyu, Bangka dan berada di sebelah utara Kota Pangkalpinang. Pulau ini dinamakan “Pulau Lampu” karena cahaya yang dihasilkan dari ¬†mercusuar menjadi sumber cahaya dan diibaratkan sebagai lampu, namun masyarakat sekitar lebih mengenal pulau ini dengan nama “Pulau Pelepas“.
Mercusuar yang berlokasi di Pulau Lampu ini merupakan bangunan peninggalan Belanda. Mercusuar ini memiliki tinggi 50 meter dan dinamakan Mercusuar “H.M Koningin Wilhelmina” yang dibuat pada tahun 1893. Di puncak mercusuar ini, kita bisa melihat pemandangan sekitar, lautnya yang tenang dan biru serta pemandangan Pulau Bangka dari kejauhan.
Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pulau Lampu selain menaiki mercusuar yaitu kita bisa berenang di air laut yang jernih tanpa banyak wisatawan di sekitar, karena tidak banyak wisatawan di pulau ini. Karena tidak banyak wisatawan, kita bisa melakukan segala hal di pantai, mulai dari bermain air sepuasnya, main bola bersama teman, mancing, snorkeling sampai puas atau apapun yang bisa dilakukan dan anggap saja seperti pantai milik pribadi. Untuk snorkling di Pulau Lampu ini kita harus membawa peralatan snorkling sendiri karena disini tidak terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkling.
Selain itu, kita juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling pulau atau bahkan berjalan kaki karena dengan berjalan kaki kita bisa melewati pemukiman warga sekitar sambil menikmati alam yang terdapat di dalam pulau ini. Untuk berkeliling menggunakan perahu, harganya sesuai kesepakatan dengan pemilik perahu. Untuk berkeliling pulau ini tidak memerlukan waktu yang banyak karena memang pulau ini bisa dibilang kecil. Tapi, untuk yang suka fotografi rasanya wajib menyewa perahu karena bisa mendapatkan angle bagus untuk mengabil foto Pulau Lampu dari laut atau dari kejauhan.
Lalu, apabila berkunjung ke Pulau Lampu, kita dianjurkan untuk membawa persediaan makanan dan minuman sendiri, mengingat di pulau ini kita akan kesusahan mencari makanan dan minuman karena tidak ada warung atau bahkan supermarket. Kita bisa mempersiapkan makanan snack untuk di perjalanan, minuman secukupnya dan makan siang. Bayangkan, kita bisa makan siang di pinggir pantai dengan pemandangan laut biru, langit cerah dan suara ombak air laut. Syahdu~
Untuk mencapai Pulau Lampu ini, kita bisa menyewa kendaraan pribadi dari Kota Pangkalpinang dan berkendara menuju Pantai Penyusuk. Lama perjalanan dari Pangkalpinang menuju Pantai Penyusuk yaitu selama 2-3 jam melewati Sungailiat dan Belinyu. Sampai di Pantai Penyusuk, ada 2 pilihan boat yang bisa dipilih sesuai budget dan keinginanmu untuk mencapai Pulau Lampu. Untuk perahu kayu harganya Rp 15.000 per orang, sedangkan speed boat Rp 50.000 per orang. Namun bedanya lama perjalanan menggunakan speed boat akan lebih cepat dibanding perahu kayu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here