Perupa Pondok Seni Batu kembali move-on ke Eropa, 2020

Oleh

MMC Utomo, Koresponden Budapest

Kita semua setuju bahwa seni rupa merupakan ruang konprehensif yang bisa memasuki wujud pandang apa, dimana dan kapan saja. Kolaborasi pameran lukis dan proses akulturasi budaya Asia/Timur (Indonesia) dan Eropa dinilai memperkaya khasanah pola interaksi sosial budaya masyarakat dalam ruang lingkup yang lebih luas, dimana seni rupa tidak mengenal tapal batas Mancanegara.

Para perupa yang tergabung dalam Pondok Seni Batu, Jawa Timur kembali melanjutkan program ”Sowan II” mereka ke Eropa dengan menggelar 27 karya dari 12 perupanya, dijadwalkan berlangsung pada tanggal 3 – 16 Maret 2020 bertempat di aula “Seczheny Hotel Benczur,  Budapest VI di bawah supervisi dan kuratori Mr. Peter Bezi, Fiatalok Muveszeti Galeriaja (youth art group) bekerjasama dengan PavilionSix Gallery Budapest.

Dalam keterangan pers yang diterima kabarrantau.com, adapun 12 perupa Pondok Seni Batu antara lain adalah, Fadjar Djunaedi, Slamet Henkus, Prie Wahyuono, Supri Picaso, Hendung Tunggal Djati, Van Zhirenk, Rachmatika Maharani, Anwar, Moll Pony, Watoni, A Yunus, dan Heri Poer.  

Pameran ini merupakan upaya kesinambungan langkah go-international, dimana seni rupa akan menjadi suatu jembatan dan tatanan dalam merangkai, menerjemahkan suatu relasi sosial terutama hubungan silaturrahim antar perupa Batu-Budapest yang berjauhan, sehingga tidak terbatas pada hal-hal tertentu saja, tetapi menjamah dalam semua aspek sosial budaya dan lainnya.

Perupa Pondok Seni Batu tetap konsisten dalam menjaga jadwal pemerannya di Eropa tahun ini. Pameran di Budapest, bak jawaban langsung atas pameran persahabatan 2 perupa Budapest yang berkolaborasi dengan 19 perupa Pondok Seni Batu baru baru ini di galeri Raos, Batu pada tanggal 12-20 Februari 2020 (https://youtu.be/5OtTwn-XqSY).

Rani, sapaan akrab Rachmatika Maharani salah satu anggota Pondok Seni dan juga pemilik PavilionSix art gallery Batu/Budapest diketahui aktif sejak 2 tahun terakhir di Hungaria menyelenggarakan puluhan roadshow pameran lukis antar negara menggandeng teman teman Jawa Timur dan Batu berkolaborasi dengan beberapa grup seni rupa setempat.

Pada tanggal 3 Maret 2020 pukul 19.00, pada malam pembukaan pameran Duta Besar RI LBBP Bapak Dimas Wahab berkenan hadir didampingi stafnya.  Acara dibuka oleh Mr. Janus Maximus dari Grup SAS Romai Legion, Budapest,  sambutan Ketua Penyelenggara Mr. Adam Antal mewakili Peter Bezi, hiburan musik dan puisi artis Hungaria, Fabian Franciska, berbagi cerita /pengalaman oleh Mrs. Julianna N Rezsone perupa Hungaria yang ber-artist residency di Maharani Art Gallery Batu Februari lalu, acara tayangan tele-video conference LIVE Batu Budapest semakin mendekatkan hubungan persahabatan dan kontak langsung sehingga suasana semakin meriah dan akrab terlebih hadir pula PPI Hungaria yaitu para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Hungaria yang semakin banyak jumlahnya di Budapest.

Para undangan umumnya terkesan dengan tayangan 27 lukisan besar kecil dengan karakter masing masing dari 12 perupa tersebut yang umumnya memberikan apresiasi dan pujian akan goresan dari Timur ini.

Demikian, mohon doa restu dari semua pihak terkait, para sahabat perupa, KBRI Budapest, ITPC Budapest, Kedutaan Besar Hungaria di Jakarta, masyarakat Kota Batu, masyarakat Budapest dan para pelajar Indonesia di Hungaria agar pameran sebagai pembuka musim semi yang berlangsung sampai tgl 16 Maret ini dapat berjalan lancar.  Keberhasilan dan terlaksananya pameran tak lepas dari kerja keras bersama dari kurator utama Mr. Bezi Peter dan seluruh staf Hotel Benczur, Maharani dan Manager PavilionSix Budapest. Tak lupa apresiasi dan terima kasih kepada para sponsor Kretek Tea House, Hotel Benczur, Palinka Winery Hungary, SAS Romai Legion Budapest dan terima kasih atas dukungan Bapak Duta Besar RI Dimas Wahab, pencinta seni beserta staf KBRI Budapest yang ikut hadir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here