Perupa Pondok Seni Batu, Jawa Timur Kembali Tampilkan Karya Lukisan Sambut Spring di Budapest

Oleh

MMC Utomo, koresponden Budapest

Seni rupa merupakan ruang konprehensif yang bisa memasuki wujud pandang apa, dimana dan kapan saja. Pameran lukis dan proses akulturasi budaya Asia/Timur (Indonesia) dan Eropa adalah memperkaya khasanah pola interaksi sosial budaya masyarakat dalam skop yang lebih luas seperti yang dilakukan perupa Pondok Seni Batu baru baru ini digaleri raos pada bulan Februari 2020.

Para perupa yang tergabung dalam Pondok Seni Batu kembali melanjutkan program ”Sowan II” mereka ke Eropa dengan menggelar 25 karya dari 11 perupanya.   Pameran dijadwalkan akan dibuka pada tanggal 3 Maret 2020 dan berakhir tanggal 31 Maret 2020 bertempat di aula hotel Benczur Budapest di bawah supervisi dan kuratori Mr. Peter Bezi, Fiatalok Muveszeti Galeriaja (youth art group) bekerjasama dengan PavilionSix Mini Gallery Budapest.

Pameran ini merupakan kesinambungan upaya go-international perupa Pondok Seni Batu, dimana seni rupa akan menjadi suatu jembatan dan tatanan dalam merangkai, menerjemahkan suatu relasi sosial terutama hubungan silaturrahim antar perupa Batu-Budapest yang berjauhan, sehingga tidak terbatas pada hal-hal tertentu saja, tetapi menjamah dalam semua aspek sosial budaya dan lainnya.

Seusai pameran persahabatan seni rupa di galeri Raos kota Batu yang telah meraih sukses dan peroleh sambutan hangat masyarakat dan pelajar setempat dengan tampilnya karya karya unik pelukis Hungaria di sana baru baru ini (12-20 Februari 2020), rupanya semakin bangkitkan semangat untuk segera mempromosikan karya karya perupa Pondok Seni Batu di Eropa.  Rani atau Rachmatika Maharani yang juga salah satu anggota Pondok Seni dan juga pemilik PavilionSix art gallery Batu/Budapest sejak 2 tahun terakhir di Hungaria telah melakukan roadshow pameran berkolaborasi dengan beberapa grup seni rupa setempat.

 (https://youtu.be/5OtTwn-XqSY).

Demikian, mohon doa restu kepada semua pihak, para sahabat perupa, KBRI Budapest, ITPC Budapest, Kedubes Hungaria di Jakarta, masyarakat serta para pelajar agar pemeran dapat berjalan lancar. Serta sampai jumpa di hari pembukaan atau pada pameran nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here