Permudah WNI, Kemenlu Luncurkan Aplikasi Untuk WNI di Luar Negeri

Untuk mempermudah warga negara Indonesia yang hendak dan sudah berada di luar negeri dalam bepergian, Kementerian Luar Negeri Indonesia meluncurkan aplikasi berbasis Android ini diberi nama SafeTravel.

Aplikasi SafeTravel akan memberikan informasi bagi WNI yang melakukan perjalanan ke luar negeri, baik untuk sementara maupun yang menetap. Dengan aplikasi ini, diharapkan WNI bisa mengetahui di mana saja warga Indonesia tinggal dan menetap di wilayah itu.

Tak hanya itu, aplikasi yang diluncurkan di sela-sela Pidato Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) tersebut, diharapkan juga bisa memberikan lokasi keberadaan WNI sehingga dapat diberikan perlindungan cepat jika dibutuhkan.

“Hari ini Kemlu telah meluncurkan beta version aplikasi SafeTravel. Dengan aplikasi ini, Kemlu dapat mengetahui sebaran, lokasi dan identitas WNI di luar negeri secara aktual, serta memberikan bantuan cepat dalam kondisi darurat,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pidatonya, Selasa (10/1).

Aplikasi SafeTravel ini mengusung tema ‘safe and fun’ dan memiliki sejumlah fitur yang bermanfaat bagi WNI saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Pengguna aplikasi ini nantinya bisa memperoleh informasi pelayanan di perwakilan Indonesia terdekat.

Terdapat pula tombol darurat apabila WNI merasa terancam atau ada di tempat suatu kejadian besar. Dengan tombol itu, WNI langsung tersambung dengan hotline Kemlu atau perwakilan Indonesia di luar negeri.

Menurut Kemlu, dengan aplikasi ini WNI yang kehilangan paspor dalam perjalanan akan dibantu untuk penerbitan. Hal tersebut tentunya mempermudah WNI dalam melakukan perjalanan ke luar negeri.

Aplikasi ini sudah disiapkan selama setahun. Diharapkan aplikasi ini dapat mengakomodir kebutuhan perlindungan berbagai segmen WNI di luar negeri. Dalam waktu dekat aplikasi ini akan mulai terkoneksi dengan database WNI di luar negeri e-perlindungan yang sudah lebih dulu ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here