Perkuat Kerja Sama RI-Filipina Selatan, KJRI Davao Terima Penghargaan​

Dewan Kota Davao memberikan Sertifikat Penghargaan kepada Konsul Jenderal RI di Davao City, Berlian Napitupulu, atas dedikasi dan kinerjanya memperkuat hubungan dan kerja sama antara Indonesia dengan Filipina Selatan, khususnya Davao City. Sertifikat Penghargaan tersebut dikeluarkan berdasarkan Resolusi No. 03013-19 yang diputuskan secara bulat dalam Sidang Keempat Sesi Regular Dewan Kota pada 22 Januari 2019, yang ditandatangani Sekretaris Dewan Councilor Charito N. Santos dan diketahui Wakil Walikota Bernard E. AL-AG sebagai Ketua Dewan.“Berlian Napitupulu selaku Konjen RI di Davao City telah memberikan keteladanan dalam  tugasnya yang semakin memperkuat hubungan Indonesia dengan Davao City. Untuk itu, Dewan Kota Davao menyatakan layak bagi Konjen Berlian Napitupulu untuk diberikan penghargaan atas upaya dan kinerja yang telah ia berikan kepada Pemerintah Kota Davao,” demikian bunyi sertifikat penghargaan yang disampaikan oleh Councilor Al Ryan S. Alejandre mewakili Walikota Davao Sarah Z. Duterte dalam makan perpisahan (Farewell Dinner) Konjen RI Berlian, di Wisma Konjen (22/1).

Dalam keterangan tertulis KJRI Davao, dalam Sambutan, Konjen RI menyampaikan bahwa ia telah menyaksikan perkembangan positif hubungan bilateral antara Indonesia dengan Filipina, khususnya Filipina Selatan dalam dua tahun lebih penugasan di Davao City.

“Salah satu keberhasilan kerja sama kedua negara dalam dua tahun ini antara lain kunjungan bersejarah Presiden RI Joko Widodo ke Davao City pada April 2017 untuk meresmikan jalur konektifitas Ro-Ro Davao-General Santos City-Bitung. Selain itu, kunjungan pertama Menteri Luar Negeri RI ke Davao yaitu Kunjungan Ibu Retno L.P. Marsudi untuk pemberian paspor gratis kepada Warga Negara Indonesia keturunan, yang telah memperoleh Surat Penetapan Kewarganegaraan RI,” tutur Konjen Berlian Napitupulu.

Ia menambahkan, “KJRI Davao City telah menyelenggarakan 19 ekspo dan festival yaitu 6 Indonesian Solo Trade Expo dan 13 pameran/festival ekonomi dan budaya yang diadakan oleh Pemerintah atau mitra kerja setempat. Rangkaian Pameran tersebut dihadiri puluhan ribu pengunjung dan menghasilkan transaksi awalsebesar US$ 3,1 juta. Di samping promosi ekonomi dan budaya, KJRI Davao City juga telah menyelenggarakan Kursus Bahasa indonesia secara gratis kepada lebih dari 400 peserta pada tahun 2017-2018 dan 5 kali Indonesian Cooking Lesson pada tahun 2017, yang diikuti oleh para Chefdari Hotel dan Restoran terkenal di Davao City. Semua ini berkat bantuan dan kerja sama yang baik dari semua pihak.”

Sementara itu, Walikota Davao Sarah Z. Duterte dalam sambutan yang dibacakan oleh Councilor Al Ryan S. Alejandre menyatakan bahwa sejak kedatangan Konjen Berlian Napitupulu hubungan dengan Indonesia semakin berkembang. Berbagai kegiatan yang dilakukan KonsulatJenderal RI selama dua tahun terakhir telah meningkatkan hubungan perdagangan dan budaya antara Indonesia dengan Davao City. Walikota Sarah berharap Konjen RI dan Ibu Elisabeth Napitupulu membawa kenangan indah selama di Davao dan semoga sukses dalam menjalankan tugas selanjutnya.

Acara Farewell Dinner dihadiri oleh sekitar 23 orang berasal dari Pejabat Pemerintah setempat dan Korps Konsular di Davao City, antara lain CouncilorAl Ryan S. Alejandre mewakili Walikota Davao Sarah Z. Duterte; Assistant Secretary Mindanao Development Authority Romeo Montenegro; ASEC Departemen Luar Negeri Filipina untuk Mindanao Robert Ferrer; Commander Naval Forces of Eastern Mindanao Brigen Ramil Roberto Enriquez, Regional Director Departemen Perdagangan dan Perindustrian Region XI Ms. Ma. Belenda Q. Ambi; Kepala Public Safety and Command Center Mayjen Benito de Leon,Konjen Republik Rakyat Tiongkok Mr. Li Lin, Acting Konjen Malaysia Mohd. Jafri bin Mohd Sharif, Konsul Kehormatan Meksiko Ms. Maria Lourdes Monteverde,Konsul Kehormatan Jerman Klaus Doring; Konsul Kehormatan Korea Selatan Edgar Ang. Selain itu, Farewell Dinner juga dihadiri oleh Home Staff KJRI Davao City.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here