Perkenalkan Aplikasi ke Desa, Hantarkan Pemalang Raih Penghargaan Bidang IT di Genewa

Sukses perkenalkan aplikasi di setiap desa, membuat Kabupaten Pemalang mendapatkan penghargaan dari The Word Summit on The Information Society (WSIS) Prizes 2018. Penghargaan ini diselenggarakan oleh PBB di Genewa pada 20-23 Maret 2018 lalu.

Kabupaten Pemalang termasuk satu dari 12 inisiatif karya dari Indonesia yang berhasil merebut penghargaan tersebut tentang Pusat Pemberdayaan Informatika Pedesaaan (PUSPINDES). Puspindes ini masuk Kategori ‘Access to Informations and Knowledge’.

Kabupaten Pemalang bersaing dengan 165 negara di ajang WSIS yang digelar oleh International Telecommunication Union (ITU), salah satu agensi khusus PBB.

“Layanan masyarakat di Pemalang sudah dilakukan dengan IT. Aplikasi-aplikasi sudah dibuat di desa-desa. Warga tidak perlu mengantre,” kata Bupati Pemalang, H Junaedi, usai diarak warga dengan longmarch dari Alun-alun Pemalang sampai Pemkab Pemalang, Senin (26/3/2018).

Dijelaskan Junaedi, pihak Pemkab Pemalang telah lama menciptakan terobosan di sektor IT, terutama dalam pelayanan pada warga masyarakat.

“Masyarakat sudah terlayani semua lewat online. Apa yang dilakukan ini untuk kemaslahatan bersama. Kita ada banyak online yang bisa diakses siapapun juga, dari layanan surat keterangan desa sampai ke layanan kependudukan,” jelasnya.

Dari program tersebut, menurut Junaedi, di kantor-kantor desa maupun kantor layanan masyarakat, sudah tidak ditemukan antrean. Di samping mempercepat layanan hal ini juga mempermudah layanan masyarakat.

Dengan meluncurkan program Sistem Informasi Desa Kawasan Pemalang (Sidekem) sejak 2017 lalu layanan masyarakat menjadi lebih cepat.

“Dengan itu, selain melayani masyarakat secara online, juga sebagai pintu masuk informasi warga desa,” tutur Junaedi.

Karena program inilah, Pemkab Pemalang disorot PBB untuk menerima penghargaan dalam terobosan inovasi sektor IT.

Bupati Pemalang diundang di Genewa pada 20-23 Maret lalu untuk menerima penghargaan dari ITU. Sepulangnya menerima penghargaan di Genewa, Bupati Pemalang ini lantas disambut warga dan para pelajar. Dengan membawa piagam penghargaan, Junaedi longmarch dari alun-alun hingga kantor Pemkab Pemalang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here