Penonton Festival Indonesia Senang Ikut Pencak Silat (Festival Indonesia 2 di Moskow)

Laporan :
Bina Bektiati dari Moskow
Pada hari ketiga atau terakhir Festival Indonesia II di Hermitage Garden, Moskow, antusiasme publik tetap tinggi. Ribuan orang mendatangi taman kota yang terletak di pusat kota Moskow tersebut untuk menikmati berbagai pameran seni, budaya juga sajian makanan khas Indonesia. Seperti pada dua hari sebelumnya, para pengunjung memiliki ketertarikan pada atraksi-atraksi atau pameran yang memungkinkan terjadinya keterlibatan langsung penonton.Tempat-tempat seperti Denaya Batik, yang menyuguhkan permainan perkusi dari berbagai daerah Indonesia, tari-tarian tradisional, juga peragaan pencak silat, selalu menarik perhatian pengunjung. Rupanya keterlibatan pengunjung untuk ikut memperagakan budaya Indonesia, memiliki daya tarik tersendiri karena mereka bisa merasakannya dan mengalaminya sendiri.

Dalam peragaan pencak silat yang digelar di pelataran di depan panggung utama Festival Indonesia misalnya, beberapa penonton ikut memperagakan gerakan-gerakan pencak silat dengan bimbingan para pemain. Para pengunjung yang terlibat diajak memperagakan jurus-jurus sederhana yang mudah diikuti sembari diberi penjelasan makna gerakan-gerakan tersebut.

Para pengunjung yang terlibat diajak memperagakan jurus-jurus pencak silat (Bina)

Popularitas pencak silat di Moskow ternyata cukup tinggi. Buktinya dari pemain-pemainnya ada beberapa yang berkebangsaan Rusia. Mereka pun mengenakan kostum Jawa seperti halnya yang dikenakan para pemain pencak silat pada umumnya. Dan karena mereka orang Rusia, maka mereka juga jauh lebih mudah menjelaskan arti jurus-jurus sederhana yang diperkenalkan kepada penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here