Penerbit Buku Anak-anak Indonesia Raih “Honorary Mention to Publisher” di Slowakia

Penerbit Buku Anak-anak Indonesia Raih "Honorary Mention to Publisher" di Slowakia

​Indonesia kembali memperoleh penghargaan sebagai penerbit buku anak-ana terbaik dalam kategori “Honorary Mention to Publisher” pada acara The 26th Biennial of Ilustration Bratislava (BIB) ​2017 di Bratislava, Slowakia. Penghargaan ini diberikan kepada penerbit Litara Foundation untuk penerbitan buku Taman Bermain Dalam Lemari (A Playground in My Wardrobe).

Penghargaan ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada penerbit yang dianggap memiliki inisiatif dalam pengembangan buku ilustrasi untuk anak-anak, kualitas buku yang diterbitkan, termasuk kualitas cerita dan ilustrasi.

The 26th Biennial of Ilustration Bratislava (BIB) 2017 berlangsung sejak tanggal 8 September hingga 29 Oktober 2017 mendatang. BIB 2017 adalah kegiatan kompetisi internasional dua tahunan mengenai ilustrasi buku cerita anak yang diselenggarakan di Slowakia.

BIB bekerjasama dengan UNESCO, Kementerian Kebudayaan Slowakia dan International Board of Books for Young People (IBBY) dari masing-masing negara yang berpartisipasi. Seluruh hasil karya (ilustrasi) yang ditampilkan pada kompetisi ini merupakan ilustrasi dari buku cerita anak yang sudah diterbitkan, tetapi ada juga yang merupakan ilustrasi-ilustrasi baru.

Kompetisi ini diikuti oleh 49 negara dan dari Indonesia ikut berpartisipasi 10 ilustrator. Hasil karya ke-10 ilustrator Indonesia yang telah lulus seleksi dipamerkan di Museum Nasional Slowakia di Bratislava. Ke-10 ilustrator Indonesia itu adalah Ella Elviana, Euginia Gina, Evelyn Ghozali, Ratna Kusuma Halim, Sigit Paripurno, Aaron Randy, Evi Shelvia, Eunike Tania, dan Maria Christania Winardi.

Sementara 1 ilustrator, Amanda Ariawan mengikuti BIB-UNESCO Albin Brunovsky Workshop 2017 yang bertema folk tales. Ilustrasi yang dibuat oleh Amanda mengambil cerita rakyat dari Bali yaitu Kebo Iwa.

Adapun hasil karya dari workshop ini dipamerkan di Mojmirovce Mansion pada tanggal 15 September 2017, yang berjarak sekitar 110 Km dari kota Bratislava. Indonesia juga memberikan presentasi pada simposium yang bertema “Art Versus Commerce“. Presentasi disampaikan oleh Maria Christania Winardi dengan judul ‘Indonesian Picture Books: Striving Against the Mainstream“. (Sumber: KBRI Bratislava)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here