Peneliti Indonesia Raih the Best Sustainability and Water Management di Dubai

Anggota Tim peneliti dari Indonesia ternyata diakui dunia internasiona dengan berhasil meraih penghargaan bergengsi di Ajang Green World Awards 2017 di Dubai. Tim yang beranggotakan beberapa professor dan doktor dari Universitas Padjadjaran ini merupakan satu-satunya tim dari Indonesia yang berhasil meraih penghargaan atas dedikasinya dalam aplikasi pengelolaan lingkungan terbaik di dunia.Tidak kurang dari 500 tim telah dinominasikan dan setelah proses seleksi yang ketat ini, tim dari Indonesia berhasil keluar sebagai tim terbaik dalam kategori Sustainability dan Water management.

Tim peneliti dari Universitas Padjadjaran ini tergabung dalam Sustainable Water Resources Team di Universitas Padjadjaran yang beranggotakan para Doktor dan Professor dari 3 cabang keilmuan, yakni dari Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Industri dan Pangan, serta Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Selain itu, penelitian ini didukung pula oleh BATAN dan PUSAIR.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Prof. Dr. Hendarmawan, Ir., M.Sc., Prof. Dr. Edi Suryadi, Ir., M.T., Dr. Agus Rahmat, M.Pd., Dr. Cipta Endayana, M.T., Teuku Yan Waliana Muda Iskandarsyah, PhD, Undang Mardiana, M.T., Petrus Satiman, M.T., Satrio, M.T., dan Febriwan Mochamad, M.T.

Green World Awards merupakan ajang dimana sektor-sektor strategis seperti National Government, Regional Government, Government Agency, Industry, maupun sector academia diberikan penghargaan atas dedikasinya terhadap pratik pengelolaan lingkungan terbaik di seluruh dunia dalam menghadapi tantangan isu global climate change.

Ajang yang telah digelar sejak tahun 1994 ini dikelola oleh The Green Organization, sebuah organisasi nirlaba internasional, independen, dan tidak berafiliasi dengan kelompok politik tertentu.The Green Organization Headquarter bermarkas di London, Inggris. Penyelenggaraan lembaga ini didukung penuh oleh The Environment Agency, Chartered Institute of Environmental Health, dan the Chartered Institution for Wastes Management, dan badan independen lainnya.

Penyerahan piala dan sertifikat akan dilakukan di The RTA Auditorium, Dubai, Senin (11/12) waktu setempat. Dalam hal ini, pihak Unpaddiwakili Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, MSc; Dr. Ir. Edy Suryadi, MT, dan Dr. Cipta Endayana, ST.,MT. Hasil penelitiannya juga akan dipublikasikan dalam The Green Book, sebuah referensi internasional terkemuka terkait beberapa aplikasi pengelolaan lingkungan terbaik dari seluruh dunia. Beberapa negara jugater catat sebagai penerima penghargaan untuk dedikasinya pada lingkungan, seperti Inggris, Korea Selatan, Turki, Malaysia, dan India.

Tidak hanya itu, pada kesempatan ini pun Tim Peneliti dari Universitas Padjadjaran bersilaturahmi dengan Bapak Firman Arsyaf, Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Dubai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here