Pemandangan Unik Pantai Sadeng, Destinasi Wisata Paling Timur Yogyakarta

Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunungkidul tak salah dikatakan sebagai Balinya Pulau Jawa. Di sini terdapat begitu banyak pantai-pantai eksotis dengan hamparan air laut yang biru, sehingga layak diberi predikat selayaknya Bali.

Salah satu pantai eksotis di Gunungkidul ialah Pantai Sadeng. Pantai sadeng ini adalah satu dari sekian banyak jajaran pantai cantik yang ada di Yogyakarta. Letaknya berada di Girisubo, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Terletak di daerah paling timur di Provinsi DI Yogyakarta. karena jaraknya terbilang sangat jauh dari Kota Yogyakarta.

Pantai Sadeng merupakan Objek wisata lokal yang sudah menjadi kebanggan dari masyarakat Gunungkidul, Pantai ini terbentuk dari proses alam yang membutuhkan waktu cukup panjang. Di kawasan ini juga terdapat Telaga Suling merupakan sebuah lembah yang diyakini oleh masyarakat sebagai muara dari sungai Bengawan Solo Purba dahulu kala.

Terlihat beberapa ratus meter jalur aliran Bengawan Solo Purba bisa dinikmati pemandangannya saat berjalan menuju Pantai Sadeng. Jalur aliran itu bisa dilihat setelah sampai di dekat plang biru bertuliskan “Girisubo – Ibukota Kecamatan”. Berhenti sejenak di pinggir jalan menuju pantai atau berjalan perlahan adalah cara paling tepat untuk menikmati pemandangan bekas aliran Bengawan Solo Purba.

Pesona pantainya terbilang eksotis. Laut selatan dan pemandangan alam di tepian pantainya sangat menawan, sehingga membuat siapa pun yang gemar berfoto ria akan jatuh hati di tempat ini. Beberapa sudut pantainya diberi bebatuan, sebagai tanda adanya dermaga pelabuhan di Pantai Sadeng. Ombaknya pun tak seganas ombak-ombak di pantai selatan lainnya.

Selain menikmati wisata, juga bisa dijadikan sebagai tempat menikmati kegiatan nelayan. Pantai Sadeng merupakan pusat dermaga nelayan di Provinsi DI Yogyakarta, bahkan sebagai PPI bertaraf nasional.

Sehabis berwisata dan menikmati kegiatan para nelayan di tepi pantai, kuliner seafood merupakan sasaran yang tak BOLEH dilewatkan saat berkunjung di Pantai Sadeng. Segarnya ikan laut membuat sayang melewatkan bersantap ria ikan laut. Apalagi, harga ikan laut di sini terbilang sangat murah dibandingkan di tempat lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here