Pelatihan dan Pendampingan Pekerja Migran Indonesia di KJRI Johor Bahru

Laporan

Indah Morgan dari Malaysia

Pemberian motivasi dan pendampingan sangat penting artinya bagi pekerja migran, baik ketika mereka bekerja di luar negeri maupun saat pulang kampung. Demikian ditegaskan oleh Konjen Johor Bahru, Haris Nugroho, dalam diskusi interaktif yang melibatkan masyarakat Indonesia dan buruh migran di Malaysia yang tergabung dalam Pekerja Migran Indonesia (PMI), di KJRI Johor Bahru, Malaysia, Rabu, 7 Februari 2018.

Haris Nugroho menyatakan, pendampingan yang berkesinambungan bagi buruh migran akan membuat mereka bisa lebih mandiri. “Pendampingan yang konsisten dapat menjadikan mereka berdaya baik saat merantau saat ini, maupun di saat setelah mereka kembali ke Tanah Air nanti,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan KJRI JB Restuti G Nugroho, KETUA DWP KJRI Johor Bahru mengatakan, diskusi yang dihadiri oleh Indah Morgan, aktivis pemberdayaan TKI ini memberikan inspirasi dan pencerahan bagi para peserta untuk bisa melihat potensi dan kekuatan dirinya.

“Salah satu kunci keberhasilan seseorang adalah adanya keyakinan akan kekuatan dirinya dan mempunyai arah dan tujuan yang jelas apa yang hendak dicapai,” kata Restuti.

Menurut dia, buruh migran membutuhkan bimbingan, counselling, pelatihan maupun sharing dan motivasi dari para pemangku kepentingan disegala lini guna meningkatkan output dan outcome dari buruh migran tersebut.

“Sebab buruh migran kita yang notabene berasal dari berbagai macam background baik pendidikan, pengalaman kerja maupun strata sosial keluarga, membutuhkan bimbingan, pelatihan, hingga counselling,” ujarnya.

Kita tahu, para buruh migran bekerja di luar negeri tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan taraf hidup, baik untuk diri mereka maupun keluarga mereka di tanah air. “Untuk mencapai target yang mereka harapkan tadi, tentu mereka perlu bimbingan, terutama motivasi terkait persiapan mental yang diperlukan sebelum kembali ke Indonesia,” ucap Restuti.

Peserta Diskusi terlihat antusias dalam pelatihan dan Pendampingan Menjadikan Buruh Migran Mandiri

Salah seorang peserta diskusi Vina Vona Lisa, pekerja migran yang juga mahasiswa Sosiologi Universitas Terbuka mengakui manfaat forum itu.

“Ini sangat penting bagi saya untuk menambah wawasan dan harapan baru. Berhasil itu dapat dicapai oleh semua orang yang mau gigih dan berjuang”ujarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here