Pelajar Madrasah Kota Malang Ukir Prestasi Internasional

Nama Kota Malang kembali mencuat di dunia internasional. Kali ini prestasi ditorehkan oleh delapan siswa Madrasah MTSN 1 Kota Malang yang mengukir prestasi moncer dalam ajang Tournament of Champion(ToC) yang digelar di Amerika Serikat pada tanggal 8-11 November 2019.

Kepala Sekolah MTsN 1 Kota Malang Drs Samsudin foto bersama delapan siswanya yang telah mengharumkan nama Kota Malang dan Indonesia di kancah internasional

Di event yang dilaksanakan di salah satu kampus paling tua di Amerika Serikat yakni Yale University, peserta dari Kota Malang ini berhasil meraih 21 medali yang terdiri dari empat medali emas dan 17 medali perak.

ToC ini diikuti 333 tim dari 60 negara, dan apa yang diraih pelajar asal MTsN 1 Kota Malang ini diraih dengan perjuangan dan kerja keras. Pasalnya, beberapa peserta terberat yang harus mereka taklukan meliputi tuan rumah, dari Kenyra dan New Zealand. Namun dengan persiapan yang maksimal dan dukungan berbagai pihak, tim asal Kota Malang ini meraih prestasi yang membanggakan.

Kepala MTsN 1 Kota Malang, Samsudin kepada malang.go.id menyampaikan, setelah lolos dari kompetisi tingkat regional dan nasional, dibutuhkan waktu sekitar 18 bulan untuk mengikuti ajang berlevel internasional tersebut.

Selain dibekali materi lomba, para siswa ini juga memperdalam terkait budaya dan tradisi-tradisi yang ada di Indonesia, sehingga mereka ke luar negeri tidak sekedar mengikuti lomba, tapi juga membawa misi mengenalkan budaya tanah air.

Dalam kompetisi tersebut, tim dari sekolah yang berlokasi di Jl. Bandung itu mengikuti sejumlah lomba, seperti debat, adu cepat, menulis dan pengenalan area. Prasayarat utama yang harus dikuasai setiap peserta adalah bahasa Inggris, karena semua materi lomba menggunakan bahasa Inggris.

Atas prestasi ini, menurut Samsudin tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah, Kota Malang dan Indonesia pada umumnya, karena dengan prestasi ini turut membawa harum nama negara di kancah internasional. Dan yang tak kalah penting, bahwa raihan ini merupakan suatu bukti nyata, jika para pelajar dari Indonesia memiliki potensi dan kualitas tinggi, serta tidak kalah dengan pelajar di luar negeri.

Dari prestasi ini pun, pihak sekolah memberi banyak apresiasi dan fasilitasi bagi para pelajar, seperti bagi siswa yang hendak melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi dan apresiasi lain yang diberikan secara langsung maupun tidak langsung.

Para pelajar yang telah mengukir prestasi ini diimbau agar bisa menularkan pengalamannya kepada peserta didik lain, sehingga mereka juga termotivasi untuk mengukir prestasi serupa dan bahkan lebih baik lagi di masa mendatang. Terkait hal tersebut, pihak sekolah juga terus memberikan berbagai ilmu kepada siswa untuk mempersiapkan even-even berlevel internasional yang lain nantinya.

Berdasarkan hasil kejuaraan kali ini, Samsudin mengaku sudah memiliki gambaran seperti apa atmosfer dan tingkat persaingan di level internasional. Sehingga dari itu semua, pihak sekolah akan lebih memaksimalkan lagi berbagai sarana penunjang siswa, seperti laboratorium bahasa dan sistem pembelajaran lain.

Salah satu siswa yang mengikuti ajang ToC tersebut, Kayana Ayunda Diyanti mengaku sangat senang dan bangga bisa mempersempahkan medali serta prestai membanggakan ini bagi sekolahnya. Meski tak mudah untuk meraih medali, gadis ceria ini mengaku optimis dan percaya dengan kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, ketenangan, fokus dan persiapan yang maksimal sebelum mengikuti lomba ini, membuat Kayana dapat meraih sejumlah medali. Menurutnya, ketekunan dalam belajar, pembekalan dari pihak sekolah dan dukungan berbagai pihak, membuat dia bisa mendapatkan apa yang diharapkan.

Berikut daftar siswa yang telah mengharumkan nama Indonesia di Amerika Serikat:

  1. Kayana Ayunda Diyanti ( Gold Senior Debates, Silver Junior Debates, Silver Challenge Special Area, Gold Senior Writing, Gold Junior Writing (rank 20), Gold Top School, Silver Junior Champion Scholar (rank 15)
  2. Aline Anismara ( debate champion silver medali )
  3. Ahmad Naufal Maheswara ( Team Bowl – 1 Silver medali )
  4. Nasya Nisrina Zahira ( Team bowl, silver medali debate champion )
  5. Maftuhatusyifa ( team bowl silver & challenge science silver )
  6. Abhista Dwi Putra Ramadhany ( Team bowl 2 silver )
  7. Achmad Rahiil Fauzi ( Team bowl 2 silver, spc area 1 silver )
  8. M. Risky Damary  ( 2 bowl silver & writing silver)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here