Pelajar Indonesia Raih 6 Medali di Olimpiade Matematika Internasional

Anak bangsa kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.Pelajar Indonesia meraih 6 medali yang terdiri dari satu pedali emas, empat medali perak, dan satu perunggu di Olimpiade Matematika Internasional atau “International Mathematical Olympiad (IMO) 2019”.

Mereka membuat tim Indonesia berada di posisi ke-14 dari 110 negara peserta. Para pelajar tersebut juga telah bersaing dengan lebih dari 600 peserta dari berbagai negara di dunia.

Mereka adalah Kinantan Arya Bagaspati (SMA Taruna Nusantara, Magelang), Jonathan Christian Nitisastro (SMAK Petra 2, Surabaya), Alfian Edgar Tjandra (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan), Aaron Alvarado Kristanto (SMAK Petra 1, Surabaya), Valentino Dante Tjowasi (SMAK Petra 2, Surabaya), Farrel Dwireswara Salim (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan.)

Sumber : psma.kemendikbud.go.id

Koordinator Tim Indonesia untuk IMO 2019, Aleams Barra mengatakan bahwa Perolehan medali emas kali ini merupakan yang ketiga kalinya yang pernah kita dapatkan setelah sebelumnya kita juga pernah mendapatkan emas pada tahun 2013 dan 2018.

Ia juga menambahkan, dalam IMO 2019 para siswa diminta untuk mengerjakan enam soal matematika yang harus dikerjakan dalam waktu 4,5 jam. Soal-soal ini meliputi empat bidang yaitu aljabar, kombinatorika, geometri dan teori bilangan. Soal-soal yang diberikan merupakan soal-soal yang orisinil dengan kesulitan yang cukup tinggi. Untuk dapat mengerjakannya dituntut kecepatan berpikir, ketenangan mental dan kreativitas yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here