Pelajar Cianjur Raih Dua Posisi Terbaik Ajang Robotic di Johor

Pelajar SMP di Cianjur, Jawa Barat, menangkan dua posisi terbaik dalam ajang robotic Se-Asean dengan tajuk 9th World Robotic For Peace di Johor, Malaysia yang diikuti pelajar dari 10 negara.

“Anak kami Moch Afzal Mulkan Djunaedi (14) yang biasa disapa Aboy mendapat dua penghargaan untuk kategori Maze Solving juara I dan Juara III untuk kategori Batle Maze,” kata Aris Mulkan orang tua Aboy pada Antaranews..

Ia menjelaskan, meskipun tidak secara langsung membawa nama Indonesia dan Kabupaten Cianjur dalam ajang tersebut, namun sebuah kebanggaan dapat mengibarkan bendera Merah Putih saat menerima penghargaan.

Kontes robotic yang digelar selama dua hari 7-8 Februari itu, merupakan kontes kesekian kalinya diikuti anak kedua pasangan Aris Mulkan dan Lussy Rachmawati yang masih duduk di bangku kelas III SMP Al- Azhar Cianjur.

“Untuk kesekian kalinya Aboy dapat mengibarkan bendera Merah Putih dalam ajang robotic internasional. Sebagai orang tua kami mendukung penuh keahlian anak-anak kami, baik adik atau kakaknya,” kata Aris.

Ia menambahkan, dengan lomba di Malaysia tercatat sudah tiga gelar juara internasional yang dikantongi Aboy seperti di Singapura menjadi juara 2 dan di Jepang menjadi juara tiga dalam ajang robotic.

Sejak duduk di bangku kelas I SMP ungkap dia, anaknya sudah mengandrungi teknologi terutama merakit robotic yang didapatkan dari ekstrakurikuler di sekolah bersama beberapa orang teman-temannya.

Sekretaris Yayasan Al Azhar, Atte Adha Kusdinan mengatakan sangat bangga dengan prestasi Aboy yang sudah mengharumkan nama sekolah, kampung halaman dan negara Indonesia dalam ajang internasional.

Selama ini ungkap dia, pihak sekolah selalu mendukung kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa melalui ekskul mandiri. Bentuk dukungan sekolah secara khusus membuat ekskul robotik yang dibimbing langsung My Robo Bandung.

“Sudah tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk sekolah karena seorang siswanya dapat membawa nama harum sekolah, Cianjur dan Indonesia dalam kancah internasional. Harapan kami ada Aboy lainnya yang dapat berprestasi hingga internasional,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here